Memupuk Kemandirian Anak Dalam Keluarga

Mandiri adalah dalam keadaan dapat berdiri sendiri; tidak bergantung pada orang lain. Kemandirian adalah hal atau keadaan dapat berdiri sendiri tanpa bergantung pada orang lain (sumber https://kbbi.web.id)

Kemandirian adalah Pribadi yang mandiri adalah kemampuan hidup yang utama dan slaah satu kebutuhan setiap manusia di awal usianya. (http://anakcerdas.info)

Sebagai seorang Ibu, pasti semua menginginkan membentuk buah hati sebagai pribadi yang sempurna, menyenangkan, mandiri di lingkungan sekitarnya. Menjadikan anak mandiri harus dimulai dari lingkungan keluarga, dan dibantu dengan lingkungan sekolahnya. Yang saya inginkan si kecil dapat tumbuh mandiri dan dewasa sesuai dengan tahapan dan usianya.

Beruntung sejak masuk ke TKIT Lebah Kecil, si kecil mendapatkan kesempatan itu, kesempatan belajar mandiri sejak berusia 5 tahun.

Sejak masuk TK, athar mulai belajar membereskan sepatu sekolahnya sendiri, merapihkan isi tas  sekolahnya, merapihkan baju kotornya setelah sekolah, menggosok giginya sendiri, makan sendiri, memasak menu simple seperti burger, bola-bola coklat, membereskan mainannya sendiri.

Sejak masuk SD semuanya berjalan karena telah menjadi sebuah kebiasaan, walaupun terkadang saat moodnya sedang jelek, sifat manjanya keluar dan beberapa saat tidak melakukan hal yang telah menjadi kebiasaan mandirinya.

Saat ini untuk membangun kemandirian, Athar melakukan beberapa hal setiap harinya:

  • makan, minum, mengganti pakaian sendiri
  • menyelesaikan PR
  • bersosialisasi, berempati dan mengontrol emosinya
  • Merapihkan tempat tidur sendiri

Hal tersebut harus terus dilatih dan dibiasakan di rumah, karena melatih kemandirian memiliki banyak manfaat, seperti :

  1. Belajar sesuatu
  2. Percaya diri
  3. Bertanggung jawab
  4. Disiplin
  5. Berbagi
  6. Pandai bergaul

Mau tahu tulisan lainnya mengenai Mendidik Anak Menjadi Mandiri Sejak Dini dari Mba Amma di website Kumpulan Emak Blogger (Colllaborative Blogging – Grup Sri Mulyani Pekan 1).

4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *