Liburan Seru di Thailand, Jangan Lupa Mampir Ayutthaya Historical Park

Thailand memiliki banyak keindahan yang tidak hanya tersebar di kawasan Bangkok dan juga pantai-pantainya yang cantik. Negara tetangga ini juga punya banyak tempat seru buat kamu yang suka mencoba menjelajah tempat baru yang seru. Tempat yang tidak hanya memiliki pemandangan indah, namun juga punya sejarah yang menakjubkan seperti Ayutthaya.

Kalau kamu sudah bosan dengan Bangkok, Ayutthaya adalah tempat sempurna untuk melengkapi perjalanan kamu ke Thailand. Kota ini amat memikat, dengan kisah masa lampaunya yang menakjubkan.

Mantan Ibukota Kerajaan Thailand

sumber: bangkok.com

Sebelum menjadikan Bangkok sebagai Ibukota Negara, Thailand berpusat di Ayutthaya. Kota ini menjadi pusat pemerintahan selama ribuan tahun, tepatnya mulai 1350 – 1767. Menurut sejarah, kota Ayutthaya yang menjadi Ibukota Kerajaan Siam sangatlah indah dan megah.

Bangunan-bangunan di Ayutthaya dibangun berlapis emas, membuatnya terlihat sangat mewah. Sayangnya hal ini membuat Negara tetangga iri dan menghancurkan Ayutthaya untuk mengambil emasnya.


Unesco World Heritage

sumber:bangkok.unesco.org


Setelah dihancurkan dan dibakar oleh Negara tetangga, Siam memindahkan Ibukotanya ke Thonburi. Ayutthaya pun ditinggalkan dan reruntuhannya dibiarkan begitu saja oleh masyarakat Thailand. Dan setelah bertahun berlalu, reruntuhan ini dilindungi sebagai bukti keberadaan kota Ayutthaya di masa lampau.

Reruntuhan bangunan ini pula yang kemudian membuat Ayutthaya menjadi kota budaya yang dilindungi oleh Unesco World Heritage. Tepatnya kawasan Ayutthaya Historical Park yang menjadi pusat tempat yang dilindungi oleh badan PBB tersebut.


Tempat Yang Harus Kamu Kunjungi di Ayutthaya


Liburan ke Ayutthaya artinya kamu menjelajah banyak bangunan-bangunan cantik. Baik bangunan yang masih berupa reruntuhan maupun yang sudah dibangun ulang oleh pemerintah Thailand.

Yang paling wajib dikunjungi tentu saja Ayutthaya Historical Park yang menjadi pusat pemerintahan Thailand di masa lalu. Reruntuhan bangunan bekas Kerajaan Siam ini sangat cantik. Dengan cerita kekuasaan dan sisi kelam ketika diluluhlantakkan oleh Negara tetangga yang iri.

sumber:wikipedia.org

Tempat seru lain yang harus kamu datangi di Ayutthaya adalah Historical Study Center yang menjadi pusat pengetahuan tentang sejarah yang terjadi di kota ini. Bagaimana kisah kemashyuran Ayutthaya dan seperti apa proses keruntuhannya, semua bisa kamu pelajari di sini dengan selengkap-lengkapnya.

Selain itu kamu juga bisa berkunjung ke beberapa kuil seperti Wat Ratchaburana dan Wat Phra Si Sanphet yang berdiri dengan megahnya di kawasan Ayutthaya. Kamu juga bisa berkunjung ke istana Bang Pa In dan juga Ayutthaya Float Market yang nggak kalah seru dari pasar terapung yang ada di Bangkok.


Cara Menuju Ayutthaya

sumber:solitarywanderer.com

Ayutthaya berlokasi tidak jauh dari Bangkok. Kamu bisa memilih penerbangan Thai Airways dari Indonesia menuju Bangkok, lalu melanjutkan perjalanan menuju Ayutthaya. Beli tiket Thai Airways di aplikasi online travel agent yang ada di ponsel kamu. Ada banyak pilihan online travel agent yang menjual tiket pesawat di Indonesia. Mereka mengembakan aplikasi ponsel untuk pembelian dengan kemudahan pemesanan bagi para penggunanya.

Dari Bangkok, nanti ada banyak pilihan transportasi menuju Ayutthaya. Saking dekatnya, naik taksi dari Bangkok ke Ayutthaya pun tidak menjadi masalah. Kamu juga bisa menyewa mobil pribadi agar perjalanan lebih santai selama menjelajah kota cantik ini.

Tapi yang paling banyak disarankan oleh turis yang berkunjung ke Ayutthaya adalah menjelajah kota ini dengan menumpang perahu dari Sungai Chao Phraya. Perjalanan dengan perahu menuju Ayutthaya akan memberikan pengalaman berbeda dibandingkan dengan taksi atau moda transportasi darat lainnya.
Yang pasti, jangan lupa beli tiket Thai Airways buat liburan nanti ya. Maskapai yang di dominasi oleh warna ungu ini akan mengantarkanmu ke Thailand dengan aman dan nyaman.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *