Jadilah Tokoh Inspirasi

Setiap orang pasti memiliki tokoh inspiratif di dalam kehidupannya, sosok inspiratif tersebut biasanya memotivasi saya pribadi untuk bisa sukses seperti tokoh inspiratif yang saya kagumi.

Sosok inspiratif biasanya memiliki prestasi tertentu atau melakukan sesuatu untuk masyarakat di sekitarnya, yang pastinya jasanya akan sangat bermanfaat bagi orang lain, melalui apa yang telah beliau lakukan.

Siapapun bisa menjadi tokoh inspiratif dalam hidup kita, dan sekarang telah ada website tokoh Inspiratif di www.tokohinspiratif.id yang telah dilaunching kemarin 9 Agustus 2018 lalu di Ocha Bella Jakarta.

Turut hadir dalam peluncuran website ini :

  1. Prof Dr.Sulistyowati Irianto, Guru Besar Antopologi Universitas Indonesia yang merupakan tokoh inspiratif Kategori Akademisi
  2. Nur Hidayati, Direktur Eksekutif Nasional Wahana Lingkungan Hidup Indonesia yang merupakan tokoh inspiratif Kategori Aktivis Organisasi Non Politik
  3. Titi Anggraini, Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi yang merupakan tokoh inspiratif Kategori Demokrasi
  4. Ratna Dewi Petalolo, SH,MH, Anggota Bawaslu RI Divisi Penindakan yang merupakan tokoh inspiratif Kategori Apaatur Pemerintah
  5. Merah Johansyah Ismail, Koordinator Jaringan Advokasi Tambang yang merupakan tokoh inspiratif Kategori Organisasi Non Politik

 

Tokohinspiratif.id

Didirikan oleh sekumpulan individu dan organisasi yang memiliki kepedulian terhadap masa depan negara, yang mengangkat kisah-kisah inspiratif yang memotivasi masyarakat untuk melakukan perubahan bagi lingkungan sekitarnya.

Tokohinspiratif.id adalah wadah terhubungnya para individu yang telah berbuat baik dan memberi inspirasi bagi bangsa dan kemanusiaan.

Melalui website ini diharapkan akan semakin banyak orang-orang yang mengambil peran menjadi inspirator untuk Indonesia yang lebih baik, dan menularkan semangat tersebut agar semakin  banyak lagi orang terinspirasi untuk menjadi inspirasi.

 

Dok : Shintajuliana.com
Dok : Shintajuliana.com
Dok : Shintajuliana.com

Kategori Inspirasi 

Saat ini ada 11 kategori tokoh inspirasi, website ini memuat banyak tokoh inspiratif dari berbagai latar belakang, minat yang memiliki semangat untuk mengajak orang lain dari berbagai kalangan, usia, latar belakang untuk berbuat baik.

Karena satu perbuatan baik dari 1 orang, akan sangat berpengaruh terhadap kemajuan bangsa Indonesia.

Website ini memungkinkan kita untuk bisa mengusulkan dan ambil bagian untuk menjadi inspirasi bangsa, karena akan ada tim panel yang akan menyeleksinya.

Tokoh Inspirasi

  • Kategori Difabel : Annisa Rahmania, Pengggiat Organisasi disabilitas muda, Young Voices Indonesia. “Tuli, Berprestasi, Mendunia”

Keterbatasan tuli tidak membuatnya patah semangat, torehan prestasi telah diukirkan di tingkat nasional dan dunia. Saat ini sedang mengerjakan proyek buku ilustrasi tentang Undang-Undang Disabilitas yang mudah dipahami oleh disabilitas intelektual.

  • Kategori Akademisi : Prof. Dr. Sulistyowati Irianto Guru Besar Antropologi Universitas Indonesia ” Tak Gentar Melawan Korupsi”., menurutnya korupsi bukan hanya pelanggaran hukum tetapi juga pelanggaran hak asasi manusia.
  • Kategori Aktivis Organisasi Non Politik, Nur Hidayati Direktur Eksekutif Nasional Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Berpengalaman lebih dari 20 tahun dalam isu-isu yang terkait dengan lingkungan hidup dan pembangunan.

Merah Johansyah Ismail Koordinator Nasional Jaringan Advokasi Tambang (Jatam).

  Titi Anggraini Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem)   Sosok ulet dan pekerja keras. Pemikiran-pemikiran jernihnya tentang bagaimana harusnya demokrasi di negeri ini dijalankan. Menurutnya demokrasi bukanlah pilihan sistem terbaik, tapi demokrasi memungkinkan kita untuk mendebatkan dan mendiskusikan kelemahan demokrasi agar lebih baik,  memperjuangkan hak hak kepentingan bersama dan memfasilitasi warga bicara.

Glenn Fredly Cinta, Kejujuran, dan Totalitas , penyanyi favoritku ini dengan lagunya Januari telah dikenal sebagai musikus genius yang mampu memadukan kreativitas dan idealisme, kejujuran dalam bermusik dan juga kelestarian lingkungan.

Muhammad Riza Adha Damanik, ST, Msi., PhD. ‘Diplomat’ Nelayan Nusantara Sosok yang  berjuang membangkitkkan sektor kelautan Indonesia dengan melakukan advokasi masyarakat nelayan untuk bangkit dari keterpurukan dari level lokal, nasional dan dunia.

Dr. Ratna Dewi Pettalolo, SH, MH Anggota Bawaslu RI Divisi Penindakan Semangat mengawasi pemilu menjadi poin penting bagi Ratna Dewi Pettalolo tertarik dengan lembaga pengawas pemilu. Baginya, peran Bawaslu sangat penting untuk menentukan kualitas pemilu dan demokrasi di Indonesia. Menurutnya Pemilu adalah proses membangun peradaban.

  • KATEGORI KESEHATAN

Dokter Gamal Albinsaid,  “Mendunia dengan Visi Kemanusiaan”, beliau membangun asuransi sampah disejumlah daerah dengan metode dan pendekatan kearifan lokal.

  • KATEGORI GURU

Retno Listyarti, M. Si,  Komisioner  Komisi Perlindungan Anak Indonesia “Tak Gentar Membela Yang Benar”.

Sosok ini mengadvokasi para guru, di Jabotabek dan wilayah lain di Indonesia dan siswi korban kekerasan seksual. Bu Retno saat ini menjabat sebagai Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia untuk 5 tahun kedepan sejak 2017.

  • KATEGORI KOMUNITAS

Syaifuddin Zuhri,  Pendiri Komunitas Merah Putih,  Batu , Malang “Suluh di Lereng Panderman”.

Kedekatannya dengan alam, membuat Gus Udin prihatin dengan penyempitan hutan dan penggundulan dan pembakaran liar.

  • KATEGORI MASYARAKAT ADAT

Afrida Erna Ngato,  Kepala Suku Pagu,  Halmahera Utara.

Perempuan pertama yang menjadi Kepala Suku Pagu selalu memperjuangkan wilayah adat dan kebudayaan leluhurnya yang terancam punah akibat konflik lahan dan gejala sosial lainnya.

Jangan pernah berhenti menjadi sosok yang bisa menginspirasi orang lain,  dimulai dengan hal yang kecil yang bisa kita lakukan bagi orang lain.

 

8 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *