Blogger “Kawal Harta Negara” Bersama BPK

Siapa bilang seorang blogger tidak bisa ikut serta dalam mengawal harta negara Indonesua. Badan Pemeriksa Keuangan kemarin (15/3) mengadakan Kumpul Blogger BPK dengan tema”Blogger Kawal Harta Negara”.

Acara ini dilaksanakan dengan tujuan merangkul blogger untuk lebih mengenal lebih dekat tugas-tugas dari Badan Pemeriksaan Keuangan, dimana pada akhirnya  bisa menjadi corong penginformasian kepada masyarakat Indonesia melalui tulisan yang dibuat dan sebagai bukti bahwa BPK berkomitmen mendukung Blogger “Kawal Harta Negara” Bersama BPK.

Dalam acara diumumkan pemenang dari Lomba Blog “Kawal Harta Negara” yang diadakan sejak 2 bulan lalu. Selain itu kegiatan ini diisi oleh workshop dari 3 nara sumber yang bisa mengupgrade kemampuan dari blogger khususnya dalam menggunakan media sosial.

Lomba blog ini diikuti oleh 315 tulisan sejak 27 November 2017-12 Februari 2018. Seleksi pun dilakukan sebanyak 3 tahapan yaitu administratif, penjurian internal dan eksternal. Penjurian internal dilakukan untuk melihat kesesuaian tema dan pemahaman peserta dan validitas data  BPK, yang akhirnya tersaring 250 link tulisan.

Lagu kebangsaan Indonesia Raya, berkumandang sebelum seluruh rangkaian acara dimulai. Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh Ketua BPK RI
Prof. Dr. Moermahadi Soerja Djanegara, CA., CPA sebagai tanda dibukanya acara  ini.

Dok : Tigor

Telah terpilih 6 pemenang dari Lomba Blog Kawal Harta Negara yaitu:

  • Favorit 3 : Saiful Rijal Yunus, Sayabu.wordpress.com “Harta, Tahta dan BPK”
  • Favorit 2 : Bayu Satria Utama, bayusatriautama.wordpress.com “Tantangan Era Disrupsi: SIPADU Membangun Kolaborasi Masyarakat dan BPK Kawal Harta Negara”.
  • Favorit 1 : Lalu Alfian Rifa’i , firstwinner.wordpress.com ” Jangan Bilang ENte Nggak Mau Bantu BPK Kawal Harta Negara!”
  • Juara III : Lalu Alfian Rifa’i , firstwinner.wordpress.com ” Ikut Berpartisipasi Membangun BPK Mengawal Harta Negara yuk”.
  • Juara II :Yesi Hendriani, yesisupartoyo.com, “Peran Generasi Milenial Kawal Harta Negara”.
  • Juara I : Alexander Arie Sanata, ariesadhar.com, “BPK Kawal Harta Negara Dengan Mendorong Akuntabilitas Keuangan Negara”.
Dok : Tigor

Pemilihan pemenang diantaranya berdasarkan kesesuaian judul dengan tema, dan data yang detail dan jelas mengenai Badan Pemeriksa Keuangan, ungkap salah satu juri penulisan Lomba Blog ini .

Setelah makan siang , kegiatan dilanjutkan oleh Farchan Noor Rachman yang mengupas mengenai Tips Menjadi Blogger Dari Gagasan Menjadi Tulisan. Menurutnya sebagai seorang blogger penting untuk menemukan niche dari blog yang akan ditulis, misalnya parenting, lifestyle, techo, kuliner dan yang lainnya, hal ini agar blogger lebih fokus dalam membuat konten tulisannya.

Tulisan dalam blog bermula dari ide, karena itu galilah ide blog secara mendalam sehingga konten yang ditulis belum pernah ada yang menuliskannnya. Jangan lupa juga untuk menemukan sumber yang relevan, tulislah kemudian edit, jangan baru menulis sedikit kemudian langsung di edit dan dilanjutkan menulisnya. Lakukan publish dan share di media sosial yang kita miliki, hal ini untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog.

Aulia Halimatussadiah atau lebih dikenal dengan Olie mengajarkan kepada blogger yang hadir mengenai Personal Branding Dengan Sosial Media dan Blog. @salsabeela mengatakan bahwa personal branding akan membedakan kita dengan orang lain di dunia ini, karena itu harus terus dibangun oleh seorang blogger.

  • Ketahui apa nilaimu :Sifat, passion, skill, pengalaman, hubungi teman untuk menayakan personal branding kita dimata mereka
  • Ketahui apa tujuanmu : perbanyak klien, bangun komunitas online, keliling dunia gratis, banyak uang, mendapat pasangan.
  • Carilah model atau panutan yang bisa diikuti sisi positif nya
  • Kenali target audience kita : siapa yang membayar kita, yang akan terpengaruh dan mendapatkan keuntungan dari konten yang kita buat
  • Bangun Aset, dengan membuat konten yang baik dan sesuai dengan diri kita dan pembaca.
  • Buat bio yang menarik di sosial media yang kita miliki, agar pembaca tertarik
  • Share konten yang kita buat ke media sosial

Ollie juga mengatakan perbedaan sosial media yang ada, memberikan dampak yang berbeda. Untuk instagram misalnya postingan foto yang ada akan menunjukan siapa sebenarnya kita, jadi mulailah mengatur feed instagram.

Ollie juga menyarankan untuk blogger mengaktifkan Linkedin dan menulis dengan lengkap deskripsi pekerjaan yang telah kita lakukan, jangan lupa mintalah klien mengisi kolom rekomendasinya untuk kita.

Dimas Novriandi mengenai Cara Menghasilkan Uang Dengan Menjadi Influencer Di Blog, diantaranya menjelaskan mengenai 5 tipe blogger yaitu part time professional, hobbyist,  full time professional, the corporate, dan the enterpreneur.

Ngeblog pun memiliki alasan mengapa bisa dilakukan oleh siapapun karena ngeblog itu gampang, gratis, menyenangkan, bisa membangun kredibilitas, membuka peluang dan blogger dicari oleh banyak perusahaan.

Dalam menulis blog, buatlah konten yang akan dicari pembaca yaitu yang memberi impact, informatif, menghibur, humoris, unik dan berbeda.

Buatlah konten dengan judul yang menarik, berbagi tips, laporan event yang seru, atau menulis dengan angle yang berbeda.

Untuk membuat blog kita dikenal update blog secara reguler, tulis sesutu yang sedang ramai dibicarakan, lakukan link building (bertukar link), gabung dengan komunitas, dan ikutan kompetisi penulisan blog untuk mengasah kemampuan.

Untuk mempromosikan blog, kita bisa memanfaatkan media sosial, misalnya berbagi link, menggunakan iklan di facebook atau instagram, pasang social media button untuk berbagi tulisan.

Mendapatkan uang dari blog bisa sekali kita lakukan diantaranya dengan cara konten sponsor berupa product review, testimoni produk, sebagai buzzer atau influencer dalam campaign tertentu, memasang iklan berupa banner atau gambar yang jika di klik menuju website klien, atau kita dibayar saat menjadi pembicara atau menghadiri suatu acara tertentu.

Menjadi influencer tidak bisa diperoleh dengan instan, dari awal kita harus menjaga konten blog dan media sosial yang kita miliki menarik (instagram, blog, twitter, youtube, facebook), agar brand atau talent agency memperhatikan kita dan kita diajak untuk bergabung dalam suatu project tertentu.

Menurut Dimas, untuk menghasilkan uang tambahan dari blog kita harus membuat konten yang bagus dan konsisten, jangan meniru blogger lain, jadilah diri sendiri dan mulailah membuat media kit yaitu informasi rate card, data media sosial yang kita miliki, data pribadi (kontak,nama,usia),jumlah follower,statistik kunjungan blog, impressions,reach, engagement, untuk menunjukan keseriusan kita menjadi influencer.

Dok : bloggerJakarta

Website : www.bpk.go.id

Email : ksbhumas@bpk.go.id

Twitter :@BPKRI

Instagram : BPKRIOFFICIAL

 

About adminboghai

Penulis di www.boghaisan.com. Hobi mencoba tempat jajan baru dan enak, traveling, cat lover, sesekali menyanyi di smule @uci_26. Email : boghaisan@gmail.com

View all posts by adminboghai →

2 Comments on “Blogger “Kawal Harta Negara” Bersama BPK”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *