“Karel” Train Heroes Siap Edukasi Anak Indonesia

Liburan sekolah tersisa beberapa hari lagi, untuk yang masih ingin berlibur dan sering menggunakan jasa transportasi Commuter Line, ada info terbaru mengenai Maskot Commuter Line yang dijamin sukses disukai anak anak.

Eva Chairunisa (VP Corporate Communications PT KCJ) dan Mr.Kawasaki dari TV Tokyo

Mewakili Komunitas Tahu Dari Blogger, saya berkesempatan menghadiri Konfrensi Pers mengenai “Pengenalan Karel Maskot dari Commuter Line dan Animasi Train Heroes”.

Acara dimulai tepat pukul 10.00 di room Sumbawa C, yang menghadirkan Ibu Eva Chairunisa selaku Vice President Corporate Communications PT. KCJ dan Bpk Kawasaki selaku Perwakilan dari TV Tokyo.

Ibu Eva mengharapkan kehadiran KAREL sebagai Maskot dari KRL, dapat diterima masyarakat Indonesia khususnya anak-anak sehingga akan memunculkan kebanggaan akan KRL Indonesia. Sebagai salah satu bentuk program edukasi mengenai KRL, PT KCJ akan  bekerjasama dengan TV Tokyo.

TV Tokyo adalah salah satu channel di Jepang yang banyak  memproduseri anime anime yang disukai anak-anak. TV Tokyo ingin membuat terobosan baru dengan PT KCJ, untuk mempromosikan anime yang disukai anak-anak khususnya kereta api. Anak-anak pasti senang dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan kereta Api seperti mainan ataupun filmnya ujar Mr. Kawasaki.

PT KCJ akan bekerjasama dengan TV Tokyo dalam bentuk pengembangan film anime Train Heroes yang sudah terkenal di Jepang, yang menghadirkan karakter kereta api yang dapat berubah menjadi robot dan bertarung dengan keganasan bencana alam. Train Heroes menyisipkan pesan moral kepada anak-anak untuk selalu membantu satu sama lain.

Commuter Train Heroes adalah bentuk kerjasama antara PT KCJ dan TV Tokyo untuk memproduksi anime yang mempunyai bentuk robot kereta api, dan terdiri dari 5 tokoh diantaranya Karel (maskot KRL) dan Lima (Kereta lokomotif listrik pertama dan tokoh ke 5 dalam Train Heroes).

Tujuan dibuat anime ini adalah edukasi untuk membentuk mental/karakter anak Indonesia agar mencintai dan bangga dengan KRL Indonesia, mengajarkan anak-anak agar tidak berbuat Vandalisme terhadap KRL, mematuhi tata tertib selama menggunakan KRL, misalnya larangan makan dan minum selama di KRL, menjaga kebersihan KRL, melarang membawa durian di dalam KRL, dan nilai nilai positif lainnya yang akan diselipkan dalam setiap episode yang dibuat.

Diharapkan dengan metode video edukasi dalam bentuk anime ini, anak-anak akan lebih mencintai KRL, mengenalkan apa saja profesi yang ada di KRL, tata tertib dan cara naik KRL dengan benar, dan akan hadir generasi muda kedepannya yang bercita-cita menjadi Masinis KRL Indonesia, sambung Ibu Eva Chairunisa.

Dalam konfrensi press yang diadakan kali ini, dilakukan pula pengenalan maskot KRL “Karel”, dan pemutaran film pendek  Train Heroes.

Dalam mendukung kegiatan edukasi, sosialisasi dan promosi perusahaan yang ada saat ini, PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) memperkenalkan karakter “Karel” sebagai maskot perusahaan.

“KAREL” , Maskot KRL

KAREL

Karel di desain kreatif sendiri oleh PT.KCJ, yang mengambil ide dari tampak depan dari Kereta Rel Listrik (KRL),dengan harapan dapat merepresentasikan bisnis PT.KCJ yang bergerak di bidang transportasi KRL.

Tokoh Karel diciptakan pada tahun 2015, namun hanya digunakan pada event event tertentu, misalnya hadir pada kunjungan pelajar ke PT. KCJ. Seiring perjalananya Karel mulai diperkenalkan kepada masyarakat sebagai maskot perusahaan dalam beberapa kegiatan eksternal yang diselenggarakan oleh PT.KCJ.

Karel mempunyai tugas utama untuk mengedukasi masyarakat mengenai KRL terutama aturan dan tata tertib dalam menggunakan KRL, dan etika saat menggunakan transportasi publik.

Di musim liburan, penggunaan Kereta Api menjadi salah satu moda transportasi favorit terutama anak-anak. Namun terkadang menjaga kebersihan di KRL kurang diperhatikan,karena membuang sampah makanan kecil sembarangan selama perjalanan berlangsung. Dengan kehadiran Karel,edukasi akan digencarkan kembali terkait tata tertib KRL,khususnya larangan makan dan minum dan kewajiban menjaga kebersihan selama di KRL.

Karel akan dipersiapkan sebagai untuk menyampaikan berbagai paket edukasi menarik yang telah dipersiapkan oleh KCJ.

Kehadiran Karel adalah bukti komitmen KCJ dalam melakukan edukasi dan sosialisasi dengan target utama anak anak. Karel dapat menyampaikan berbagai pesan mengenai KRL di masa depan kepada mereka yang berpotensi sebagai pengguna setia KRL.

Selain pesan mengenai penggunaan kereta dengan benar, akan juga disisipkan informasi dan pengetahuan mengenai Vandalisme pada KRL, seperti penimpukan pada kereta yang 90% pelakunya adalah anak-anak. Melalui Karel akan turut sukseskan program bersama untuk menekan angka tindakan Vandalisme terhadap kereta setiap tahunnya, sehingga slalu terjaga keselamatan dalam perjalanan menggunakan KRL .

Train Heroes

Sebagai pengembangan dari tokoh Karel,pada tahun 2016 KCJ bekerjasama dengan TV Tokyo untuk mengkolaborasikan Karel dengan animasi original di Jepang yang berjudul “Train Heroes” yang sebelumnya telah dikembangkan di Jepang dan sejumlah negara. Train Heroes merupakan karakter karakter berbentuk Kereta Api yang dapat berubah menjadi robot, dengan misi melindungi manusia dari berbagai bencana di bumi.

Sebagai bentuk dari kerjasama ini, Maret 2017 telah diluncurkan seri film animasi pendek berjudul “Commuter Train Heroes”, yang menghadirkan tokoh Karel dan karakter baru bernama “Lima”, sebagai teman baru para Train Heroes dari TV Tokyo. Seri film pendek sebanyak 8 episode telah ditayangkan di sejumlah stasiun KRL,dan diunggah ke Commuter Channel di Youtube.

Judul 8 episode Train Heroes di Youtube

Cuplikan Commuter Train Heroes

Untuk mengenalkan Karel kepada masyarakat luas di Indonesia, maka kerjasama PT. KCJ dengan TV Tokyo akan  diperluas melalui rencana produksi film animasi layar lebar di Bioskop dan penjualan merchandise Karel dalam bentuk mainan edukasi, action figure dari  Train Heroes.

Merchandise akan diproduksi oleh PT.Lung Cheong Brothers Industrial yang pabriknya berlokasi di Banten, dan selama ini juga banyak memproduksi aneka merchandise untuk karakter anime lainnya seperti Bandai, Hasbro, Disney, Mattel dan Takara Tommy.

Penjualan gimmick Official Merchandise dapat dibeli di “C Store” yang tersedia di Stasiun-Stasiun. Dan kedepannya diharapkan dapat juga dijual di toko mainan di seluruh Indonesia, ujar Ibu Eva Chairunisa.

Aneka Merchandise Train Heroes

Di akhir acara, Ibu Eva Chairunisa menyampaikan saat ini KRL telah berhasil mengurai penumpukan penumpang saat libur lebaran, terbukti dengan terurainya kepadatan penumpang di stasiun-stasiun besar, misalnya Stasiun Bogor yang terdapat hall baru, yaitu pemisahan transaksi tiket dan refund. Untuk di Jakarta, untuk mengurai kepadatan telah dilakukan penambahan Hall baru di Jakarta kota (4/7/17), yang sebelumnya memiliki 3 titik lokasi pintu masuk.

Tentang KAI Commuter Jabodetabek

PT KAI Commuter Jabodetabek adalah salah satu anak perusahaan dari PT Kereta Api Indonesia (Persero). Tugas pokok PT. KCJ adalah menyelenggarakan pelayanan jasa angkutan kereta api commuter dengan menggunakan sarana Kereta Api Listrik (KRL) di wilayah Jakarta,Bogor,Depok,Tanggerang, dan Bekasi serta pengusahaan di bidang usaha non angkutan penumpang.

KRL Commuter Line mulai 1 April 2017 akan melayani 75 stasiun di wilayah Jabodetabek dengan jangkauan rute mencapai 201.5 km. Jumlah perjalanan KRL per hari sebanyak 918 perjalanan dengan volume penumpang mencapai 993.000 per hari. Berbagai inovasi dari PT KCJ membuat Commuter Line menjadi moda transportasi andalan masyarakat perkotaan yang aman,nyaman,dan bebas macet.

 

Commuter Line

Facebook : Commuter Line

Twitter : @CommuterLine

Instagram : @commuterline

Video :

About adminboghai

Penulis di www.boghaisan.com. Hobi mencoba tempat jajan baru dan enak, traveling, cat lover, sesekali menyanyi di smule @uci_26. Email : boghaisan@gmail.com

View all posts by adminboghai →

2 Comments on ““Karel” Train Heroes Siap Edukasi Anak Indonesia”

  1. Dengan adanya kartel , anak Makin sering anak anak menggunakan kereta api untuk jalan jalan bersama keluarga dan gak takut naik kereta api.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *