Indonesia 2020, Indonesia Raih Takdir Kejayaan

Meraih kenikmatan saat menyantap makanan buat saya tidak harus datang ke restoran yang mewah, mahal dan hasil karya dari Chef terkenal. Untuk saya, mendapatkan kenikmatan saat makan adalah berkumpul dengan keluarga tercinta sambil menyantap menu istimewa kesukaan kami.

Ayam goreng dan sayur asam, adalah satu menu favorit di rumah. Namun sebenarnya kesukaan saya yang sebenarnya adalah ikan asin. Iya ikan asin, mungkin masih banyak yang mengecilkan Ikan Asin ini sampai saat ini, padahal ikan asin ini telah ada sejak abad 9 bersamaan dengan munculnya pembuatan garam.

Ikan asin itu untuk saya merupakan menu istimewa karena bisa diolah dengan cara digoreng biasa, atau dijadikan bahan campuran makanan lainnya seperti nasi goreng atau peyek.

Namun ikan asin itu bukan sesuatu yang bisa dibeli dengan harga yang murah lho, harganya bisa melebihi harga telur atau ayam, tergantung dari jenis ikan asinnya.

Ikan asin dibuat oleh nelayan untuk mengawetkan hasil tangkapannya, proses pembuatannya yang membutuhkan waktu yang lama juga biaya yang tidak murah membuat harga ikan asin menjadi mahal.

Ikan asin ternyata bisa bertahan hingga 1 tahun, dengan syarat menyimpannya dengan benar. Ikan kesukaan saya saat menikmati timbel biasaya adalah Jambal Roti yang berasal dari ikan gabus.

Daftar Harga Ikan Asin Jambal Roti Terbaru

Daerah dan Kualitas Harga/Kg
Ikan Asin Jambal Roti Jakarta Rp 130.000
Ikan Asin Jambal Roti Pangandaran Rp 120.000
Ikan Asin Jambal Roti Standar Rp 110.000
Ikan Asin Jambal Roti Super Rp 160.000

Dok: http://bahasikan.com/harga-ikan-asin/

Ikan asin yang saya sukai lainnya adalah ikan asin bulu ayam, ikan asin kapas, peda, teri, ikan asin cumi dan ikan asin sepat yang harga nya tidak kalah mahal per kg nya bisa mencapai Rp 90.000/kg nya. Jadi Ikan Asin itu bukan murahan kan?.

Dok: bahasikan.com
Dok: bahasikan.com
Dok: bahasikan.com
Dok: bahasikan.com

Selain ikan asin, kuliner Indonesia yang terkenal di dunia adalah kecap manis, mie, kerupuk dan sambal. Kecap manis Indonesia yang kaya akan rempah, aneka mie khas setiap kota, aneka kerupuk dan aneka sambal khas setiap kota.

Ternyata Ikan Asin memang salah satu kuliner Indonesia yang diharapkan bisa menjadi salah satu takdir kejayaan Indonesia 2020, ungkap Kafi Kurnia, Managing Director PEKA Consultan dan Founder Sembutopia saat Buka Puasa Bersama 20 Mei 2018 lalu, di Javanegra Jakarta.

Hadir dalam Buka Puasa bersama kali ini Kanti Janis – Pengacara, Novelis dan Aktifis Perempuan, Premita Fifi – Novelis dan Aktivis perempuan, Raja Asdi – Aktivis dan Sineas, Fritz Simandjuntak – Pemerhati Olahraga dan Ahli Komunikasi, Adya Novali – Atlit Binaraga, Iwan SJP – Ahli Komunikasi, dan Sandy Canester, penyanyi yang dikenal dengan lagu Sabtu Minggu.

Dok : @melyluthia

Sembutopia

November 2017, Kafi Kurnia dan teman-temannya  membuat platform digital yang diberi nama “SEMBUTOPIA”, yang dalam waktu 6 bulan telah memiliki followers lebih dari 52.000. “SEMBUHTOPIA” adalah ide sederhana untuk memotivasi dan menginspirasi Indonesia agar kita bersama-sama menciptakan sebuah lingkungan yang lebih sehat dan terbebaskan dari semua penyakit dan konflik baik secara kejiwaan dan keragaan. “SEMBUTOPIA” selama 6 bulan terakhir telah melakukan pemberdayaan komunitas melalui  kegiatan seperti lomba foto dan lomba tulis blog.

 

Indonesia 2020 – Takdir Kejayaan

Indonesia 2020 adalah sebuah visi yang bertujuan menggelorakan semangat bangsa untuk segera mencapai takdir kejayaan Indonesia, dengan bermodalkan warisan nenek moyang dan memberdayakan warisan itu sehingga menjadi prestasi yang membanggakan di mata dunia.

20/20 adalah istilah “perfect vision dimana seseorang dapat melihat dengan sempurna tanpa kaca mata. Tahun 2020 adalah juga tahun dimana usia kemerdekaan Indonesia yang ke 75.

Indonesia 2020 – Sebuah Takdir Kejayaan adalah tantangan dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke 110 di tahun 2018 ini.

INDONESIA 2020 – Sebuah Takdir Kejayaan. 2020 memiliki sejumlah makna, penglihatan yang sangat sempurna, tahun 2020. Dan yang terpenting adalah mengobarkan semangat INDONESIA 2020 – bahwa sebagai bangsa kita punya takdir kejayaan yang harus kita wujudkan bersama-sama dengan segenap rakyat Indonesia.

INDONESIA 2020 – Sebuah Takdir Kejayaan, ide ini akan terus disosialisasikan keseluruh Indonesia, dengan mengadakan kegiataan motivasi dan inspirasi setiap tanggal 20 pada tiap bulan, merekrut para profesional untuk menvisualisasikan ide INDONESIA 2020 kedalam karya dan prestasi, dalam bentuk karya seni, budaya atau karya lainnya seperti sastra, kuliner dan lainnya.

Pak Kafi pun juga bercerita mengenai salah satu makanan terlezat yag pernah dicobanya yaitu ikan asin Kuro yang katanya ikan asin yang legendaris dan terkenal.

Bahkan Kolumnis dan Konsultan Marketing   yang  senang membaca buku ini , menemukan ikan asin ketika berkunjung ke Hongkong saat dihidangkan nasi goreng yang bumbunya adalah ikan asin. Saat ke Jepang menikmati camilan ikan teri asin, dan di Italy mencoba Pizza bertabur ikan asin.

Ternyata ikan asin itu sesungguhnya sangat mendunia. Karena bisa kita temui dalam tiap kultur dan budaya, ahli kulinerpun mengatakan bahwa ikan asin kaya akan cita rasa Umami yang akan membuat kita lupa bahwa nasinya hampir 1 bakul kecil.

Umami dalam dunia kuliner dikenal sebagai cita rasa ke 5, dan cita rasa inilah yang kemudian menjadi dasar cita rasa dalam MSG, yang membuat sebuah hidangan menjadi sangat gurih dan lezat. Di  Jepang secara tradisional serutan ikan tuna sering ditambahkan di hidangan berkuah.

Ikan asin adalah salah masakan Indonesia yang perlu kita angkat, karena jenisnya ternyata sangat banyak dan harus  kita populerkan sebagai daya tarik kuliner dunia, karena diluar sana ikan asin masih dianggap makanan orang tidak mampu, padahal ikan asin itu harganya cukup mahal.

Ternyata sejak abad ke 9 dan 10 diberbagai prasasti yang ditemukan di berbagai wilayah Nusantara ditemukan bukti-bukti tentang adanya industri ikan asin dan industri pembuatan garam.

Dongeng ini menjadi bukti sejarah bagaimana nenek moyang kita berhasil mengembangkan sebuah “kearifan lokal”, “memanfaatkan” nilai geografis Indonesia yang berupa kepulauan dan yang “kaya” dengan hasil ikan-ikan – yang dipadukan dengan “keahlian” mengawetkan ikan dengan pengembangan industri garam, sehingga menjadi sebuah kekayaan kuliner dan budaya yang sangat luar biasa.

Mpu Peniti, mentor Pak Kafi mengatakan bahwa kita yang sangat kaya dengan budaya seringkali meremehkan sejarah dan budaya kita, sehingga menggagalkan potensinya sebagai salah satu kuliner yang dahsyat.

Mewujudkan Takdir Kejayaan Indonesia :

Jonathan Swift (30 November 1667 – 19 October 1745) seorang pemikir pernah mengatakan bahwa visi adalah sebuah penglihatan yang nyata bagi seorang pemimpin – yang tidak bisa dilihat oleh orang lain. Dan visi adalah salah satu kualitas pemimpin besar.

INDONESIA 2020 bertujuan agar memotivasi kita semua untuk berpartisipasi agar ikut mewujudkan sebuah “grand vision” untuk Indonesia. Dengan harapan visi ini bisa diambil oleh para pemimpin kita dan menghantar Indonesia ke takdir kejayaan-nya.

Indonesia memiliki begitu banyak “ jejak kejayaan” mulai dari tradisi, budaya, sejarah dan kearifan lokal. Jejak kejayaan ini sambung menyambung menjadi sebuah mozaik kekayaan dan kemakmuran yang menunggu masa panen. Dan jejak kejayaan ini sudah semakin dekat menjadi takdir kejayaan.

Indonesia tahun 2030 diramalkan akan menjadi ekonomi terbesar ke 5 di dunia dengan nilai ekonomi US$ 5.424 triliun. Indonesia akan mencapai takdir kejayaan-nya dan terwujudnya “Gemah Ripah Loh Jinawi tata tentrem kerta raharja”.

Kafi Kurnia pun kedepannya akan menggandeng blogger, vlogger untuk mengirimkan video pendek mengenai kuliner atau wisata yang ada di daerah kita masing-masing untuk nantinya digabungkan menjadi satu. Jadi yuk mulai merekam Jejak Kejayaan Indonesia.

Sembutopia

Instagram & Twitter : @Sembutopia

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *