Nyamuk Bandel, Pilih Yang Expert

“Apa Dok harus di rawat?”, pertanyaan itu terlontar saat Dokter menyarankan Athar, anak saya untuk dirawat setelah menjalani pemeriksaan darah. Hal itu membuat saya kaget, karena ini panasnya baru hari ke dua, namun memang si kecil terlihat lemas,lemah, lesu, tidak mau makan dan minum serta terlihat selalu ingin tertidur.

Dokter memvonis terkena Demam Berdarah, setelah melakukan pemeriksaan darah. Hasilnya diketahui setelah lebih kurang 2 jam, namun memang biayanya sangat lumayan karena bisa dengan cepat mendeteksi penyakit demam berdarah. Beruntung sekali saya memiliki dokter anak yang sangat cerdas dan transparan. Walaupun beberapa orang tua dari teman sekolah athar tidak percaya Athar  terkena demam berdarah karena baru sebentar demamnya, karena menurut mereka demam berdarah baru bisa terdeteksi pemeriksaan darah di hari ke tiga.

Dokter anak saya menginformasikan bahwa hal ini terjadi karena demam berdarah saat ini telah berevolusi dan sudah lebih cepat berdampak pada tubuh, telat sedikit saja mendapatkan perawatan, maka nyawa taruhannya.

Hampir dirawat satu minggu, menjadikan saya bertanya kepada diri sendiri “dimanakah digigitnya?”, sedangkan saya tergolong rajin membersihkan rumah dan di rumah tidak terlalu banyak nyamuknya, jadi saya kurang terlalu sering menggunakan pembasmi nyamuk.

Beruntung saya bisa mengikuti Community Gathering bersama HIT dan Dr. Lula Kamal, saya pun banyak bertanya mengenai Nyamuk Bandel dan cara mengatasinya. Acara yang diadakan di D’Lab Jakarta 16 November, bersama Blogger Perempuan Network lalu membuka mata saya mengenai nyamuk.

Acara dipandu oleh Lia Atmadjaja menambah keseruan dalam talkshow yang membahas mengenai cara membasmi nyamuk bandel di lingkungan kita terutama rumah. Melalui acara ini banyak hal yang akhirnya saya ketahui seperti mitos dan fakta mengenai nyamuk, cara membasmi nyamuk versi Dr.Lula Kamal dan pengetahuan produk HIT.

FAKTA NYAMUK

Nyamuk adalah hewan yang paling bahaya dan mematikan di dunia (data WHO tahun 2016 2.5 milyar lebih dari 100 negara beresiko demam berdarah. Di Indonesia 201.885 orang di 34 provinsi terjangkit demam berdarah. 1.585 meninggal karena penyakit yang ditularkan oleh nyamuk (data Kemenkes 2016).

Pemanasan global ( suhu tinggi)  dan perubahan cuaca membuat nyamuk lebih kuat, ukuran nyamuk menjadi lebih kecil dan lebih Agresif -> Peningkatan suhu mempercepat silkus nyamuk, sehingga lebih sering berkembangbiak dan bertelur, bertelur banyak namun telurnya kecil-kecil, nyamuk kecil agresif aktif menggigit  dan menghisap darah lebih banyak untuk mengejar ke ukuran yang seharusnya.

Nyamuk senang tempat yang lembab dan panas , dan hanya membutuhkan air 1 cc untuk bertelur.  Cuaca saat ini nyamuk hidup bersama kita, keadaan hujan kemudian panas, air tergenang, dan tempat-tempat di rumah kita.

Nyamuk itu senang dengan warna merah, dan hitam. Nyamuk suka dengan bau manusia, apalagi pakaian yang digantung  telah kita gunakan sebelumnya, jadi sebaiknya pakaian langsung di cuci setelah digunakan agar tidak menjadi sarang nyamuk.

Nyamuk senang dengan tempat yang jarang terdapat pergerakan misalnya kolong sofa, figura dan masih banyak lagi tempat favorit lainnya. Dr Lula menyarankan untuk sering membersihkan rumah, jangan terlalu banyak perabotan jika kita tidak mempunyai banyak waktu untuk membersihkan isi rumah.

Nyamuk itu sering lho travelling bersama kita, misalnya saat kita membuka pintu mobil dan bisa juga menempel di barang-barang yang jarang kita gunakan misalnya mukena  yang di simpan mobil .

JENIS NYAMUK DAN PENYAKIT 

Dikutip dari idnews.co.id, tiga penyakit utama yang ditularkan melalui nyamuk, yaitu malaria, demam berdarah, dan filariasis. Jenis nyamuk nya adalah Aedes (terutama Aedes aegypti) yang juga menyebabkan yellow fever, zika, dan chikungunya, nyamuk Anopeles (penyebab malaria) dan nyamuk Culex (nyamuk rumah/kebon) yang dapat menularkan kaki gajah (filariasis) dan enchepalitis.

1. Nyamuk Culex

Nyamuk culex  bertelur di  saluran air, septic tank, parit, genangan hujan, dan tempat gelap seperti rumah.

Dok : ryanvillani.blogspot.co.id

2. Nyamuk Anopheles

Nyamuk anopheles bisa menularkan parasit plasmodium penyebab penyakit malaria. Yang menularkan adalah nyamuk betina, untuk mematangkan telur- telurnya. Nyamuk anopheles menyukai daerah yang memiliki kelembaban tinggi di atas 60 persen.

Nyamuk anopheles aktif memasuki rumah pukul 17.00-22.00 malam, dan sangat aktif sampai menjelang pagi dan tengah malam. Karena aktivitasnya malam, maka paling efektif mencegah gigitan nyamuk anopheles adalah memasang kelambu. Nyamuk Anopheles banyak ditemukan terutama di area perkebunan dan persawahan atau daerah pinggiran dan jarang ditemukan di daerah urban.

Dok : rumahkusarangmu.wordpress.com

3. Nyamuk Aedes Aegypti

Nyamuk Aedes aegypti penyebab demam berdarah, yang sangat aktif di siang hari.

Dok : www.medkes.com

Tempat Favorit Nyamuk  

Bocoran dari Dr. Lula Kamal, ini adalah tempat kesukaan nyamuk di rumah :

  • Lipatan tirai
  • Pinggiran kusen jendela
  • Hiasan meja
  • Vas Bunga
  • Akuarium
  • Kolong lemari
  • Kolong sofa
  • Talang air yang tersumbat
  • Air mancur dan tempat burung berendam
  • Pot tanaman
  • Area rendah
  • Tempat makan binatang peliharaan
  • Gantungan baju
  • Hiasan lampu
  • Pinggiran figura
  • Pinggiran laci
  • Tumpukan buku
  • Tudung lampu
  • Pinggiran tempat tidur
  • Tumpukan bantal
  • Ayunan ban mobil
  • Selang bocor
  • Gerobak mainan anak
Tempat favorit nyamuk

Nyamuk itu selalu ada setiap saat selama setahun namun memang ada musimnya ujan Dr. Lula Kamal dan nyamuk jaman now, nyamuknya  lebih bandel  dan canggih.

Tapi saya sekarang tidak khawatir lagi untuk perlindungan Nyamuk Bandel di rumah, karena ternyata ada yang baru dari HIT yaitu HIT Expert yang merupakan revolusi terbaru untuk membasmi Nyamuk Bandel berpenyakit, main petak umpet, kuat dingin, sulit mati dan masih banyak nyamuk lainnya yang mengganggu kenyamanan di rumah.

Double Nozzle
Fresh Citrus dan Sweet Flower

HIT adalah merk insektisida berpengalaman dari Godrej dengan iklan “Ada yang lebih bagus dari HIT, yang lebih mahal banyak” dengan Brand Ambassador Dr. Lula Kamal. Hit Expert menghadirkan perlindungan bagi keluarga dari gangguan nyamuk.

Keunggulan HIT EXPERT :

  • Di design khusus tuk membasmi nyamuk bandel dengan formula dan teknologi baru double nozzle basmi nyamuk lebih cepat
  • Kemasan baru dengan Ergonomic shape , nyaman di pegang
  • Improved Grip position, lebih mudah ditekan saat menyemprot
  • kestabilan semprotan, daya jangkau 150  cm terjauh dari yang lain
  • Double  Nozzle with Aerofin shape :  menjangkau lebih luas dan  cepat , partikel mikro menyebar seluruh ruangan, dan bertahan lebih lama di udara untuk membasmi nyamuk yang sedang beredar terbang dan yang keluar setelah mengumpat di sarangnya
  • Teknologi atomisasi
  • Wangi premium terbaru Fresh Citrus dan Sweet Flower

 

 

Dokter Lula Kamal menambahkan nyamuk demam berdarah itu bekerja di jam kerja seperti saat kita pergi ke kantor, dia beredar di pagi  hari sampai jam 12 siang, istirahat dan lanjut beredar di jam 2 sampai 5 , sedangkan di malam hari nyamuk tersebut  istirahat.

Saya sering  sekali  tidak menyadari saat digigit nyamuk, baru terasa saat sudah gatal dan bentol. Saya sekarang semakin yakn dengan pilihan saya yaitu HIT , apalagi dengan hadirnya HIT Expert. Perlu diketahui HIT itu sudah menggunakan formula yang paling aman yaitu kelas U (tingkatan paling atas) “Unlikely To Make Any Hazzard in Human Being”, yang berdampak kecil ke manusia.

Tips Dr. Lula Kamal, gunakan pembasmi nyamuk dengan tepat karena apapun merk nya itu tetap insektisida jadi harus disemprotkan saat di ruangan tersebut tidak ada orang sama sekali, diamkan selama 1-2 jam setelah penyemprotan berlangsung. Jangan lupa semprot 2 kali 1 hari di sore dan  pagi hari, matikan AC setelah menyemprot dan jangan lupa 3M (menguras,menutup, membuang) di  lingkungan rumah dan tetangga. Saat dilakukan fogging, tidak semua nyamuk mati namun yang masih  tersisa yaitu jentiknya. Berikan perlindungan di rumah dengan cara menyemprotkan HIT di ruangan-ruangan area rumah, dan tambahkan HIT elektrik untuk perlindungan sepanjang hari.

Tips ala bo.ghaisan adalah rajinlah membersihkan rumah, pindahkan figura atau tempelan dinding setiap minggunya, cek buku yang bertumpuk yang jarang dibaca karena bisa menjadi sarang nyamuk, cuci hordeng seminggu sekali, jangan menumpuk barang, bersihkan tempat sampah, lebih waspada terhadap kesehatan dan jangan lupa follow Instagram, Facebook dan twitter @IbuInspirasiHit untuk mendapatkan tips seputar mengusir nyamuk.

15 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *