Grow Happy , Pentingnya Bahagia Bagi Tumbuh Kembang Anak

Kebahagiaan anak tentunya merupakan keinginan setiap orang tua, 17 Juli 2018 lalu bertempat di Green House, Lactogrow membagi rahasianya mengenai konsep kebahagiaan anak melalui nara sumber Gusti Kattani Maulani (Brand Manager Nestlé LACTOGROW), DR. Dr. Saptawati Bardosono, MSc (Ahli Gizi Medik), Elizabeth Santosa, MPsi, Psi, ACC (Psikolog) dan pasangan selebriti Titi Kamal dan Christian Sugiono .

GROW HAPPY adalah campaign lanjutan dari Lactogrow sejak 2017 lalu mengenai bagaimana menciptakan tumbuh kembang dan menciptakan  anak yang optimal.

Gusti Kattani Maulani (Brand Manager Nestlé LACTOGROW) menjelaskan mengenai hasil penelitian terbaru mengenai kebahagian yang mempunyai peranan penting bagi tumbuh kembang anak .

Menurutnya Happiness itu memiliki arti yang luas bukan hanya senyum, atau anak yang terlihat sedang bercanda atau tertawa.

Apakah Anak tertawa itu= anak bahagia?, bahagia itu kompleks bukan hanya ketawa ketawa. Dibuktikan dari riset yang dilakukan di  6 kota di Idonesia dengan 300 keluarga dan Forum Group Discussion mengenai seberapa penting kebahagiaan anak-anak.

BAHAGIA :

Anak yang bahagia bisa menyerap pengetahuan di sekolah , dan menerima dengan baik. Tidak akan ada kesedihan dan depresi. Bahagia itu, anak akan merasa dicintai, diakui, dimengerti, sehingga memiliki energi lebih untuk mengerti dan menyayangi orang lain, dan berkontribusi di masyarakat.

Anak yang bahagia akan tumbuh dengan optimal, namun ternyata masih banyak anak yang belum terpenuhi kebutuhan energi, lemak , zat besi, kalsium, dan belum diperhatikan kualitas makannya yang dibutuhkan untuk menerima stimulasi.

Antara masyarakat kota dan pedesaan masih adanya kesenjangan atau perbedaan pengertian diantaranya mengenai arti kebahagiaan anak.

Orang tua saat ini banyak yang hadir dalam aktivitas yang dilakukan anak, tetapi kurang terlibat di dalamnya. Jika ortu terlibat, anak akan  lebih happy dan bisa menyerap stimulasi dan nutrisi dengan lebih baik.

Anak memerlukan nutrisi untuk tumbuh, karena itu orang tua harus memenuhi kebutuhan hariannya selain stimulasi, buku cerita, orang tua harus menjadi teman mainnya, memantau aktivitas anak dan ikut bertanya seputar mainannya.

Nestle selalu berusaha meningkatkan kualitas hidup, untuk itu campaign akan terus dilakukan di seluruh Indonesia. Saat ini ada yang baru dari packaging Nestle Lactogrow, dengan menampilkan icon senyum di bagian depannya, dengan formula yang semakin disempurnakan.

Elizabeth Santosa, MPsi, Psi, ACC (Psikolog) atau yang dikenal dengan Miss Lizzy memberikan ciri anak yang bahagia :

  • Sehat
  • Kreatif
  • Mampu bersosialisasi
  • ceria

 

Kebahagiaan adalah  fondasi  kehidupan, dukung cita-cita anak ingin menjadi apa. Bahagia tidak selalu ditunjukan dengan wajah yang  selalu ceria, bahagia bisa juga terlihat kalem namun ada ketentraman disana.

Bahagia  akan membentuk karakter anak ketika dewasa : anak yang tidak bahagia akan emosional, tempramen , pemarah.

Kebahagian Ibu 100 persen sangat berperan pada anak, kebahagian itu menular, jika ibu sedih maka anak sedih.

Bahagia bukan hanya  ditunjukan dari ekspresi, bahagia itu tidak selalu terlihat ceria.

Aktivitas yang membuat anak bahagia :

Menurut penelitian bukan pada aktivitasnya tetapi akan bahagia saat  anak terlibat aktivitas denga orang tuanya.

Banyak yang sering hadir saat anak bermain, tetapi tidak terlibat di dalam aktivitas bermainnya , misalnya karena orang tua sibuk dengan handphone.

Saat membelikan mainan, penting untuk diingat “apakah mainan tersebut bisa dimainkan bersama orang tua dan anak?”

Tips Orang Tua agar lebih terllibat  dalam kegiatan anak :

  • Fokus pada kebersamaan bukan aktivitas
  • Luangkan waktu
  • Tidak ada distraksi
  • Eye to eye contact , saat bersama anak
  • Buat anak merasa anak paling penting
  • Berikan perhatian khusus pada anak

Jika  kita memiliki anak lebih dari 1,  siapkan waktu khusus untuk masing-masing agar merasa lebih  spesial.

Membesarkan anak tumbuh bahagia :

  • Nutrisi
  • Stimulasi dan keterlibatan keluarga
  • Makan tepat waktu dan bergizi
  • Dukung komptenesi anak
  • Ikuti waktu tidur agar tidur berkualitas
  • Berikan CINTA tak bersyarat

Titi Kamal sendiri mempunyai konsep Grow happy tersendiri yaitu anak  yang tumbuh bahagia akan selalu memberikan  aura positif bagi orang lain, lebih percaya diri, kreatif , karena itu selalu berikan penghargaan atas kebisaan atau prestasi anak misalnya berupa pujian.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *