GERLI, Masa Tua Sehat, Bermanfaat dan Bahagia

Menjadi tua itu pasti setiap orang akan mengalaminya, tapi bagaimana cara agar kita memiliki masa tua yang indah, dan masih bisa berbuat kebaikan untuk menolong sesama.

24 April 2018 bertempat di Aula Zona Madina, Parung Bogor, GERLI atau Gerakan Relawan Lansia Indonesia resmi diluncurkan.

“Gerakan Relawan Lansia Indonesia (GERLI) merupakan gerakan hati demi kebaikan diri sendiri dan sesama secara bersama-sama. GERLI juga bagian dari Ikatan Relawan Sosial Indonesia (IRSI)” ungkap Parni Hadi sebagai Inisiator, Pendiri sekaligus Pembina Yayasan Dompet Dhuafa Republika.

Parni Hadi, keempat dari kanan

“GERLI juga merupakan  wadah kegiatan dari oleh dan untuk para lansia Indonesia yang peduli dan dengan sukarela, suka cita, senantiasa bersedia menolong diri sendiri dan sesama sepanjang masa dengan dan demi cinta (with and for love).

Lansia yang dimaksud adalah  mereka yang berusia di atas 65 tahun, sementara sesama dengan maksud seluruh makhluk ciptaan Allah SWT, isi alam semesta termasuk manusia, hewan dan tumbuhan.

Gerakan Lansia Indonesia mempunyai landasan yaitu Pancasila, sifat dari GERLI ini yaitu Independen, terbuka untuk semua lansia, terlepas dari gender, ras, suku, bangsa, budaya, agama, ideologi dan profesi”.

Peningkatan produktifitas lansia menjadi salah satu indikator keberhasilan pembangunan sekaligus sebagai tantangan dalam pembangunan nasional. Peningkatan produktifitas Lansia akan membawa dampak terhadap kondisi sosial ekonomi dalam keluarga, masyarakat, maupun dalam pemerintahan.

Menjadi relawan pada usia lansia merupakan salah satu pilihan untuk menikmati masa tua yang sehat, bermanfaat dan bahagia. Kegiatan relawan meliputi antara lain: menolong sesama, menjadi guru, mendongeng dan menjadi pemandu.

Dompet Dhuafa siap menggandeng Gerakan Relawan Lansia Indonesia, sebagai dukungan terhadap relawan dengan mereka yang sudah berusia lanjut dan harus dirangkul dan tidak tergantung orang lain ditengah kemajuan teknologi dan gaya hidup.

Acara ini diisi dengan kegiatan seru dan membahagiakan mereka, dengan kostum adat dan batik mereka terlihat sangat cantik dan ganteng di usia senja, mereka juga terlihat sangat bersemangat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan seperti belajar bertepuk tangan yang ternyata sangat banyak manfaatnya, menari Maumere, Salsa, sampai dengan bernyanyi diiringi musik keroncong.

Lansia yang hadir bisa melakukan pemeriksaan mata dan tulang gratis.

 

TENTANG DOMPET DHUAFA

Dompet Dhuafa adalah lembaga nirlaba milik masyarakat indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana ZISWAF (Zakat, Infak, Sedekah, Wakaf), serta dana lainnya yang halal dan legal, dari perorangan, kelompok, perusahaan/lembaga). Selama 25 tahun, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan ummat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.

Tags:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *