CANTIK DAN MENGGIURKAN DENGAN HANDPHONE

Siapa bilang menghasilkan foto makanan yang menggugah selera harus dengan kamera canggih, beberapa waktu lalu saya mengikuti workshop memotret menggunakan kamera handphone bersama Foodie. Pastinya untuk menghasilkan foto makanan yang menggiurkan dan cantik.

Mengapa cukup menggunakan handphone, karena saat ini Fitur HP sudah semakin canggih dengan  ISO , Shutter speed yang bisa diatur sebelum kamera handphone digunakan.

JAJAN BEKEN

Jajan Beken dibuat sejak  tahun 2013, 2015 dibuat  dalam bentuk blog, oleh Mas Bona dan Hadiguno yang instagramnya dikenal dengan @jajanbeken tahun 2014.

4 Poin Penting Dalam Membuat Foto Makanan : 

Food Styling & Elements

  • Element : element yang cocok/terkait  dengan objek yang akan kita foto, saat akan memotret kue gunakan tambahan telur, alat kocok atau properti lainnya.
  • Composition : komposisi yang pas antar satu dengan element yang lain (ganjil lebih terlihat bagus dilihat mata dalam sebuah foto)
  • Rule of Third (grid di handphone), agar objek terlihat lebih jelas.
  • Rule of Colour : gunakan warna yang bersebelahan dan warna yang bersebrangan, dalam menghasilkan sebuah foto,  contoh kue yang akan ditampilkan berwarna  orange, maka gunakan garnish berwarna hijau.

Best Angle

  • Eye level : foto diambil sejajar mata, digunakan untuk makanan yang tinggi agar terlihat dimensinya, contoh susu kotak, burger, kue lapis, gelas sirup bening.
  • 45 derajat /  food porn : zoom (seperti saat kita melihat ke handphone, cekung), melihat detail makanan
  • TOP SHOT/ FLAT LAY : makanan yang datar, contoh pizza, bubur, piring yang lebar

TIMING/ LIGHTING 

Mulailah bersahabat dengan jendela, agar bisa mendapatkan cahaya/sinar matahari sebagai cahaya natural. Cahaya akan bagus mulai jam 9 hingga 3 sore dan juga penggunaan cahaya belakang .

Diagram Cahaya (Kiri Kanan Belakang) 

Posisi ini penting untuk mengambil cahaya pada objek foto makanan, agar terlihat dimensi dan warnanya.

 

EDITING 

Bona “Jajan Beken” menggunakan aplikasi snap seed, Vsco, Light room,  dan berpesan untuk tidak banyak melakukan edit pada foto makanan yang kita punya, jangan hilangkan aslinya ikutilah rules pengambilan foto makanan agar tidak terlalu banyak melakukan editing.

Mengambil foto dengan cahaya agak remang juga akan mempermudah kita dalam melakukan editing foto, agar hasilnya  terlihat maksimal.

Saat menggunakan Snap Seed aturlah  cahaya, temperature, warm,  dan detail ujar Mas Bona agar hasilnya maksimal.

Gunakan Lampu led  di bagian atas dan kanan , jika memang membutuhkan cahaya tambahan.

Untuk Background bawah gunakan  warna natural  seperti putih, biru muda, tapi kembali apa objek makanan yang akan difoto dan kesan yang akan dimunculkan.

FOOD REVIEW FOR SOCIAL MEDIA

Foto akan berpengaruh dalam membuat caption di media sosial, agar kita bisa melakukan soft selling dalam pembuatan konten, buatlah foto makanan yang cantik dan menggiurkan tetapi jujur dalam caption yang dibuat.

FOODY ID

 

Foody Indonesia adalah layanan direktori makanan dan aplikasi berbasis situs web sejak 4 Mei 2015. Perusahaan (Foody Corp) awalnya didirikan di Vietnam  tahun 2012 . Foody Vietnam telah menjadi direktori dan layanan makanan terpadu terpadu yang lengkap, dengan sekitar 39 juta pengguna di seluruh negeri, lebih dari 15 juta tampilan halaman bulanan, dan 7 juta sesi bulanan yang hanya menjadikannya sebagai yang paling direktori makanan terpercaya dan bekas di Vietnam.

Akhirnya diperluas ke layanan gaya hidup lain seperti hiburan dan kecantikan.  Potensi pasar dan perilaku gaya hidup masyarakat urban Indonesia, Foody Corp memutuskan untuk memperluas bisnis di Indonesia, dengan Jakarta sebagai kota yang dipilih pertama.

Adanya permintaan dan keinginan yang tinggi dari layanan kehidupan sehari-hari terutama tentang kemudahan dan pengalaman kuliner di Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta dan Bali.

Foody Indonesia menghadirkan database dan ulasan,informasi dan artikel kuliner yang selalu update , voucher, video tempat yang baru dibuka, dan  forum tanya jawab melalui media sosial. Saat ini, Foody Indonesia memiliki 500.000 pengguna aktif, lebih dari 52.000 tempat, dan lebih dari 15.000 ulasan.

Dok : play.google.com

Foody adalah aplikasi untuk mencari dan memberikan ulasan berbagai tempat makanan di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Bali, dan Semarang. Foody memiliki klasifikasi jelas dalam hal Restoran, Cafe, Es Krim, Toko Roti, Bar/pub dan lainnya. Foody memilki ratusan lokasi lengkap dengan ulasan dan foto, yang tentunya akan membantu kita   mencari tempat makanan.

 

Fitur Utama:

Cari
Masukkan nama restoran, jalan, atau area untuk mencari tempat makan
Tulis dan Bagi Ulasan
Berbagi pengalaman kuliner di Foody dengan membuat ulasan sebanyak-banyaknya
Foto
Kita bisa mengupload foto-foto makanan dan suasana tempat makanan yang kita  nikmati.
Tambah Tempat Baru
Tambahkan tempat baru  dan tunggu admin Foody untuk memvalidasi informasi restoran.
Vouchers Menarik
Dengan melakukan aktivitas di Foody, kita akan mendapatkan poin yang bisa dikumpulan dan ditukar dengan voucher-voucher menarik.

www.foody.id

Instagram : foodyid

Facebook : FoodyIndonesia

Email :  info@foody.id

About adminboghai

Penulis di www.boghaisan.com. Hobi mencoba tempat jajan baru dan enak, traveling, cat lover, sesekali menyanyi di smule @uci_26. Email : boghaisan@gmail.com

View all posts by adminboghai →

One Comment on “CANTIK DAN MENGGIURKAN DENGAN HANDPHONE”

  1. makanan itu yang suka di upload yang membuat selera makan jadi naik. pinter motoin dan garnish yang akan membuat mereka senang dapat like banyak tapi kita dapat gendut, makan melulu. makanya kita bikin aja foto yang bagus juga ah. menularkan efek napsu makan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *