DPD RI Dukung Penuh Asian Games 2018 Jakarta Palembang

Perhelatan akbar telah dimulai, Asian Games 2018 yang telah kita tunggu selama ini akhirnya bisa terselenggara dengan baik mulai dari perjalanan Touch Relay, Opening Ceremony dan Pertandingan. Acara rutin  yang digelar 4 tahunan ini, telah lama dinantikan oleh seluruh rakyat Asia khusunya Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games ke 18 ini.

Sarana prasarana pun  telah siap untuk menerima kunjungan Atlet dan pendukung cabang olah raga yang berlaga di Asian Games 2018.

Semua aspek dalam pemerintahan bekerja keras mempersiapkan Asian Games 2018, mulai dari arena pertandingan hingga upacara pembukaan dan penutupan Asian GAmes 2018 tentunya. Banyak wakil rakyat yang ikut terlibat secara langsung dalam menyambut pelaksanaan Asian Games 2018, misalnya saja keikutsertaan dalam Touch Relay, banyaknya kucuran dukungan melalui pesan-pesan bagi Atlet Indonesia yang akan bertanding dalam Asian Games 2018 dalam berbagai platform media sosial youtube, instagram, facebook dan twitter, belum lagi dukungan di media cetak dan elektronik.

Seperti dukungan yang diberikan dari DPD RI  untuk Atlet dan Pelaksanaan Asian Games 2018, diantaranya Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Oesman Sapta (OSO) ikut serta dalam kemeriahan Touch Relay dengan  menerima obor Asian Games di Pendopo Kabupaten Cianjur,  Senin 13 Agustus 2018 lalu, dan tidak ketinggalan memberikan apresiasi dukungan untuk Atlet Indonesia meraih prestasi tertinggi di Asian GAmes 2018 melalui video di channel youtube Kabar Senator berikut  :

Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI atau DPD), adalah lembaga tinggi negara dalam sistem ketatanegaraanIndonesia yang anggotanya merupakan perwakilan dari setiap provinsi yang dipilih melalui Pemilihan Umum.

Dewan yang mengemban tugas dalam pengajuan usul, ikut dalam pembahasan dan memberikan pertimbangan yang berkaitan dengan bidang legislasi tertentu dan pengawasan atas pelaksanaan Undang-Undang tertentu. Anggota DPD dari setiap provinsi adalah 4 orang, dengan masa jabatan anggota DPD adalah 5 tahun.

Pasal 22D UUD 1945 dan Tata Tertib DPD RI bahwa sebagai lembaga legislatif DPD RI mempunyai fungsi legislasi, pengawasan dan penganggaran. Sedangkan tugas dan wewenang DPD RI adalah :

1. Pengajuan Usul Rancangan Undang-Undang

2. Pembahasan Rancangan Undang-Undang

3. Pertimbangan Atas Rancangan Undang-Undang dan Pemilihan Anggota BPK

4. Pengawasan atas Pelaksanaan Undang-Undang

DPD RI  di dalamnya terdapat :

KOMITE I
KOMITE II
KOMITE III
KOMITE IV
PANITIA PERANCANG UNDANG UNDANG
PANITIA URUSAN RUMAH TANGGA
BADAN KEHORMATAN
BADAN KERJA SAMA PARLEMEN
BADAN PENGEMBANGAN KAPASITAS KELEMBAGAAN
BADAN AKUNTABILITAS PUBLIK
PANITIA MUSYAWARAH

PIMPINAN DPD 2014-2019

Dr. Oesman Sapta

Dr. Nono Sampono, M.Si.

Prof. Dr. Ir. Hj. Darmayanti Lubis

Mengenal lebih dekat dengan mereka bisa melalui media sosial di website http://www.dpd.go.id/,  twitter nya di https://twitter.com/DPDRI, instagramnya  https://www.instagram.com/dpdri/, dan facebooknya di https://id-id.facebook.com/dpdri , karena sebagai masyarakat Indonesia kita harus mengenal wakil rakyat yang menyampaikan segala aspirasi rakyat ke negara Indonesia dan tahu dengan program kerja dan kegiatan terupdate mereka.

 

NEGARA PESERTA ASIAN GAMES 2018

45 negara  akan  ikut serta dalam  Asian Games 2018, termasuk Indonesia. Negara lainnya  Afghanistan, Bahrain, Bangladesh, Bhutan, Brunei, Cambodia, China, Taipei, Hong Kong, India, Indonesia, Iran, Iraq, Japan, Jordan, Kazakhstan, Kuwait, Kyrgyzstan, Laos, Lebanon, Macau, Malaysia, Maladewa, Mongolia, Myanmar, Nepal, Korea Utara, Oman, Pakistan, Palestina, Filipina, Qatar, Arab Saudi, Singapura, Korea Selatan, Sri Lanka, Syria, Tajikistan, Thailand, Timor Leste, Turkmenistan, Uni Emirat Arab, Uzbekistan, Vietnam, serta Yemen.

CABANG OLAH RAGA DI ASIAN GAMES 2018

40 cabang olah raga akan dipertandingkan selama Asian Games 2018 :

Akuatik

Anggar

Angkat Besi

Atletik

Balap Sepeda

Basket

Berkuda

Berlayar

Bisbol Dan Sofbol

Bola Tangan

Bola Voli

Bowling

Bridge

Bulutangkis

Dayung

Golf

Gulat

Hoki

Jet Ski

Judo

Kabaddi

Kano/Kayak

Karate

Martial Arts

Menembak

Modern Pentathlon

Panahan

Panjat Tebing

Paragliding

Roller Sport

Rugby – 7

Senam

Sepak Bola

Sepak Takraw

Squash

Taekwondo

Tenis

Tenis Meja

Tinju

Triathlon

LOKASI PERTANDINGAN  ASIAN GAMES 2018

Asian Games ke – 18 di Jakarta dilaksanakan di  Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), untuk pertandingan panahan, hoki, tenis, softball, baseball, dan basket.

Di  Palembang, akan berlangsung  10 cabang olahraga, yaitu basket, dayung, kano, menembak, panjat tebing, sepakbola wanita, sepak takraw, tenis, triiathlon, dan voli pantai, dengan lokasi 11 tempat di  kompleks Jakabaring Sport City. 

TOUCH RELAY 

Tourch Relay berlangsung sangat meriah sejak keberangkatan pertama dari India dan bertemu dengan Api Mrapen, hingga akhirnya  tiba di Jakarta melewati rute terakhir dari Monas menuju Gelora Bung Karno (GBK) Senayan. Obor Asian Games melewati jalan Thamrin dan Jenderal Sudirman. Torch relay dimulai dari Silang Monas Baray Daya – Silang Monas Tenggara – Jl. Medan Merdeka Selatan – Jl. M.H. Thamrin – Bundaran Hotel lndonesia – Jl. Jenderal Sudirman – Berputar di Bundaran Senayan – Jl. Jenderal Sudirman – Jl. Gatot Subroto – Jl. Palmerah Timur- Jl. Gelora – Jl. Gerbang Pemuda – Putar balik di bawah FO Gerbang Pemuda – Masuk melalui Pintu 10 GBK.

 

OPENING CEREMONY

Kemeriahan, keharuan adalah yang dirasa sebagai salah satu rakyat Indonesia yang menyaksikan Opening Ceremony Asian Games 2018 walau hanya dari layar kaca.

Mulai dari aksi Pak Presiden Jokowi menaiki motor gede, kehidmatan saat Tulus memimpin menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Mengheningkan Cipta untuk korban Gempa Lombok, opening theme song oleh Via Vallen yang membuat Bapak Presiden menjadi larut mengikuti nada dengan gerakan mendayung, aksi kembang api , efek gunung berapi, penampilan para kontingen Asian Games 2018. Yang mengharukan ada Negara Jepang dan Palestina yang membawa bendera negara Indonesia sebagai tanda penghormatan, sungguh terasa toleransi antar negara dalam acara ini.

 

MASKOT ASIAN GAMES 2018

Maskot lucu itu bernama Bhin Bhin, Atung, dan Kaka, Bhin Bhin si burung Cendrawasih, Atung si rusa Bawean, dan Kaka si badak bercula satu.yang berasal dari semboyan bangsa Indonesia “Bhinneka Tunggal Ika” yang artinya  Berbeda-beda tetapi tetap satu.

Bhin Bhin adalah burung cenderawasih asal Papua (Paradisaea Apoda), memakai rompi bermotif Asmat yang menggambarkan strategi baik dari para Atlet yang bertanding di Asian Games 2018 .

Bhin Bhin
Dok : Humas BPTJ, Kemenhub RI

Atung adalah rusa (Hyelaphus Kuhlii)  Bawean asal Jawa, memakai sarung dengan motif tumpal dari Jakarta yang menggambarkan kecepatan. Rusa bawean sendiri adalah hewan yang bisa kita lihat di Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur.

Atung
Dok : Humas BPTJ, Kemenhub RI

Kaka, Badak Bercula Satu (Rhinoceros Sondaicus) asal Sumatera Ujung Kulon, Indonesia yang memakai baju tradisional dengan motif bunga khas Palembang yang  menggambarkan kekuatan.

Kaka
Dok : Humas BPTJ, Kemenhub RI

Semua Binatang ini termasuk  binatang langka dan dilindungi  di Indonesia.

 

PEROLEHAN MEDALI INDONESIA

Perlahan tetapi pasti, Indonesia menunjukan prestasi dari anak bangsa melalui cabang olah raga yang dipertandingkan di Asian Games 2018 ini. Pertandingan demi pertandingan mulai membuahkan medali untuk Indonesia.

Hari ke 1 – 19 Agustus 2018

Medali emas diraih oleh Atlet Taekwondo Putri, Defia Rosmaniar.

Defia Rosmaniar
Taekwondoin putri Indonesia, Defia Rosmaniar , Dok : bola.kompas.com

 

Medali Perak dari Cabor Wushu – Edgar Xavier Marvelo di nomor Changquan Putra.

Edgar Xavier
Edgar Xavier, Dok : cnnindonesia.com

Hari ke 2 – 20 Agustus 2018

Taijijian Putri – Lindswell Kwok

Lindswell Kwok
Dok : tribunnews.com

 

Mari kita dukung Atlet Indonesia, agar Indonesia bisa masuk ke dalam 10 besar dalam perolehan medali di Asian Games 2018.

 

Ref :

https://www.indosport.com/multisport

https://bola.kompas.com

news.detik.com

http://jateng.tribunnews.com/

www.liputan6.com

www.brilio.net

id.wikipedia.org

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *