Cara Asyik Belajar Mengatur Keuangan

Lebaran tak terasa akan kita temui kurang lebih 2 minggu lagi, pastinya THR juga sudah turun dong ya..

Siapa yang ga happy dengan turunnya THR, biasanya list belanja udah kubuat sebelum THR nya mendarat di rekening. Berbelanja baju lebaran, buka puasa di luar, berbelanja kebutuhan untuk lebaran, belanja  untuk berbagi  biasanya rutin di belanjakan dengan dana THR .

THR

Tunjangan Hari Raya Keagamaan atau   kita kenal dengan THR adalah hak pendapatan  untuk kita yang bekaerja yang wajib dibayarkan oleh Perusahaan menjelang Hari Raya seperti Lebaran yang berupa uang.

Biasanya THR diterima THR maksimum tujuh hari sebelum lebaran (H-7), tapi dari pengalaman pribadi THR kadang diberikan berbarengan dengan gaji atau diberikan 2 minggu sebelum lebaran.

Menurut Prita Gozie di event “Cara Cerdas Kelola THR” yang diadakan oleh suatu komunitas , THR idealnya  5% digunakan untuk Zakat/Infak/Sedekah, 10% Dana Darurat, 15% Mudik, 50% biaya lebaran, 10% Idul Adha, 10% untuk investasi atau pelunasan hutang.

Penguasaan mengatur keuangan dengan baik sangat penting untuk kita kuasai, demi masa depan yang lebih baik. Tapi selama ini belajar keuangan  yang ada membuat kepala ini pusing karena mungkin penyampaiannya membosankan, sehingga dahi ini selalu mengerut saat mendapatkan undangan belajar keuangan.

Tak sengaja, saya menemukan cara asyik dikenalkan dengan perencanaan keuangan,  yaitu melalui Sitkom Keluarga Surya yang saya temukan channelnya di Youtube. Penyampaiannya menarik dan lucu tapi  sangat menyentil.

Dan sayapun beruntung bisa mengenal maksud dibuatnya Sitkom tersebut melalui Press Conference Peluncuran Kampanye Komunikasi #LebihBaik Sekarang dari Sun Life Financial, 31 Mei 2018 lalu di XXI Lounge Plaza Senayan.

Web Series ‘Keluarga Surya’

Video web series bertajuk “Keluarga Surya‟ sebagai sarana edukasi literasi keuangan yang dapat dengan mudah diakses masyarakat luas dalam konten visual digital yang  ditampikan melalui  komedi situasi yang penuh dengan makna,” jelas Shierly Ge, Chief Marketing Officer Sun Life Financial Indonesia.

Video web series ini berkisah tentang kehidupan sebuah keluarga modern dengan berbagai isu sehari-hari, mulai dari pengelolaan Tunjangan Hari Raya (THR), perencanaan pendidikan keluarga hingga pentingnya menerapkan pola hidup sehat. Berdurasi sekitar 5 menit setiap episodenya, dan berjumlah  8 episode.

Sun Life Financial Indonesia luncurkan video web series bertajuk ‘Keluarga Surya’,
dengan episode perdana THR Lebaran.

Sun Life ingin menyampaikan pesan pada keluarga muda Indonesia mengenai pentingnya perencanaan keuangan, pentingnya pola hidup sehat dan penetapan strategi untuk masa depan lebih baik.

Sitkom ini diperankan oleh Edo Borne sebagai Ayah Surya, Karina Nadila sebagai Ibu Mentari, Bima Azriel sebagai Fajar dan Sandrinna Michelle sebagai Cahaya.

Kisah “Keluarga Surya‟ bisa kita tonton di Channel YouTube Sun Life Financial Indonesia (Sun Life Financial ID), atau cari dengan kata kunci “Keluarga Surya”.

Melalui kampanye #LebihBaik Sekarang melalui Sitkom  video web series “Keluarga Surya”, yang banyak muatan pesan dan telah menyentil saya di Episode ke 1 mengenai THR, yang sebaiknya dihabiskan atau ditabung. Dengan Sitkom ini harapannya akan semakin banyak masyarakat yang tergerak untuk memulai perencanaan keuangan sejak dini, sehingga akan terbentuk masyarakat Indonesia yang cerdas dan mapan secara finansial dan akhirnya bisa menjalani hidup yang lebih sehat.

#LebihBaik Sekarang

Adalah Kampanye Komunikasi dari Sun Life Financial Indonesia  untuk membantu Peningkatan Literasi Keuangan, karena Indeks literasi asuransi di Indonesia pada 2016 baru mencapai 15,76% – OJK 2017.

Kampanye komunikasi Sun Life Financial Indonesia #LebihBaik Sekarang, mengajak
masyarakat Indonesia untuk tidak lagi menunda dalam melakukan perencanaan
keuangan yang tepat, demi mencapai kemapanan finansial.

Mendapatkan  pendidikan tertinggi, pelayanan kesehatan terbaik,  mencapai kemapanan finansial adalah mimpi setiap orang, baik untuk pribadi ataupun
keluarga.
Namun, masih banyak masyarakat yang belum paham mengelola keuangan, khususnya proteksi dan investasi, dan memilih untuk menunda melakukan perencanaan keuangan untuk kenyamanan masa depan.

Data Otoritas Jasa Keuangan (OJK)  2017 menunjukkan bahwa indeks literasi
asuransi di Indonesia masih menjadi tantangan terbesar bagi industri asuransi jiwa. Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yang dilakukan OJK pada 2016 menunjukkan masyarakat Indonesia yang memiliki tingkat literasi “baik‟ terhadap industri asuransi relatif rendah.

Indeks literasi asuransi  terus menurun jika dilihat terakhir dari survei tahun 2013,  dari 100 orang Indonesia hanya 15 sampai 16 orang yang mengenal lembaga jasa keuangan asuransi dan hanya 12 orang yang sudah menggunakan jasa asuransi.

Kondisi ini mendorong PT Sun Life Financial Indonesia (“Sun Life”) untuk terus menerus mengedukasi masyarakat, khususnya keluarga muda Indonesia tentang pentingnya mencapai kemapanan finansial, salah satunya melalui kampanye komunikasi #LebihBaik Sekarang yang resmi diluncurkan.

“ 23 tahun beroperasi di Indonesia, Sun Life telah mendampingi keluarga Indonesia dalam mewujudkan aspirasi masa depan yang diimpikan. Harapannya semakin banyak masyarakat yang juga merasakan manfaat dari perencanaan keuangan yang cermat untuk mencapai kemapanan finansial.  Melalui kampanye #LebihBaik Sekarang, Sun Life mengajak masyarakat Indonesia untuk tidak lagi menunda dalam melakukan perencanaan yang tepat, demi meraih kualitas kesehatan, pendidikan, dan keuangan yang lebih baik untuk diri sendiri dan keluarga,” ungkap Elin Waty, Presiden Direktur Sun Life Financial Indonesia.

Pengalaman panjang dan kompetensi di industri asuransi dan finansial, Sun Life memahami literasi keuangan masyarakat dan pengelolaan keuangan bagi setiap keluarga Indonesia merupakan hal yang sangat penting, karena keluarga merupakan salah satu pilar perekonomian bangsa. Keluarga adalah  unit terkecil dari masyarakat, yang berfungsi memperkenalkan dan menanamkan nilai baik pada individu, salah satunya mengenai pengelolaan perencanaan keuangan.

Prof. Dr. Paulus Wirutomo, M. Sc, Sosiolog dan guru besar Sosiologi Universitas
Indonesia menjelaskan, “Nilai yang dianut oleh seseorang, memiliki peran penting dalam pengambilan keputusan seseorang, termasuk dalam melakukan perencanaan keuangan.

Sistem nilai yang dianut  akan menentukan sikap dan perilaku terhadap sesuatu, termasuk dalam perencanaan keuangan. Pengaruh budaya, agama, dan lingkungan menjadi faktor dalam terbentuknya sistem nilai dalam diri seseorang.

Keluarga adalah lingkungan sosial yang pertama dikenal seseorang, tempat dimana nilai-nilai yang baik  diterapkan pertama kali terkait pengelolaan keuangan.

Sikap dan perilaku yang diterapkan generasi saat ini ternyata belum bergerak jauh dari generasi sebelumnya, meski terjadi pergeseran tujuan dari perencanaan keuangan itu sendiri.

” Keluarga muda seperti saya saat ini cenderung senang menabung untuk tujuan jangka pendek dan tidak minat  untuk berinvestasi jangka panjang, misalnya memilih menabung untuk travelling ke luar negeri dibandingkan untuk berasuransi, padahal dengan memahami dan mulai melakukan pengelolaan keuangan yang tepat, kita tetap bisa menikmati gaya hidup masa kini tanpa mengabaikan kenyamanan hidup di masa depan.

“Menyadari perlu adanya upaya yang terus menerus dalam memberikan edukasi terkait finansial, Sun Life Financial Indonesia terpicu untuk berpikir kreatif dan beradaptasi dengan zaman now untuk membekali pemahaman keuangan yang memadai kepada masyarakat luas khususnya generasi dan keluarga muda Indonesia.

Kembali ke Keluarga Surya, melalui mereka kita bisa lho mendapatkan THR dengan cara yang gampang banget.

Cukup tonton episode pertama, karena ada kuis yang hadiahnya THR total Rp 5 Juta, setelah menonton tinggalkan  komentar  di sini .

1. Pilih salah satu hashtag THR #TeamHabisin atau #TeamTabungin
2. Ceritakan kenapa pilih hashtag tersebut.
3. Tag teman-teman yang lain kamu untuk ikutan juga.
4. ‎Mention akun Sun Life Financial Indonesia di Facebook & @sunlife_id di instagram.
5. Gunakan hashtag #KeluargaSurya#LebihBaikSekarang #SunLifeTHR#BagiBagiTHR
Penentuan pemenang adalah hak mutlak dari Sun Life Indonesia. Keputusan dari Sun Life Indonesia bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat. Pengumuman pemenang akan diumumkan pada 4 Juni 2018.

 

Youtube: Sun Life Financial Indonesia

Instagram: @sunlife_id

Twitter: @SunLife_ID

Fanspage: Sun Life Financial Indonesia

 

 

==========================================================
Tentang Sun Life Financial Indonesia

Sun Life Financial Indonesia merupakan anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Sun Life Financial yang  menawarkan berbagai perlindungan dan pengelolaan produk yang variatif, dari asuransi jiwa, asuransi pendidikan, asuransi kesehatan, dan rencana pensiun.

Sun Life bermitrainstitusi keuangan terkemuka, baik nasional maupun internasional, untuk melayani strategi multi-distribution channels dan menyediakan akses yang lebih luas untuk solusi asuransi.

Sun Life Financial Indonesia telah memenangkan beberapa penghargaan bergengsi pada tahun 2017 diantaranya:
1. PT Sun Life Financial Indonesia meraih penghargaan Best Takaful Family Provider
Indonesia 2017 dalam acara Global Banking & Finance Awards 2017 yang
diselenggarakan oleh Global Business Outlook.
2. PT Sun Life Financial Indonesia dianugerahi penghargaan Excellent Service ExperienceAward (ESEA) 2017 untuk kategori Life & Health Insurance yang diselenggarakan oleh Carre Center for Customer Satisfaction and Loyalty (“Carre CCSL”) dan Majalah Service Excellence.
3. PT Sun Life Financial Indonesia menerima penghargaan Predikat Bintang Lima atas
Kinerja Unit Link Jenis Campuran tahun 2012 – 2016 untuk Salam Balanced Fund
dalam Unit Link Awards 2017 dari Majalah Infobank.
4. PT Sun Life Financial Indonesia meraih penghargaan HR Asia Best Company to Work For in Asia 2017 Awards dari HR Asia Media International.
5. PT Sun Life Financial Indonesia menerima penghargaan Indonesia Most Admired
Company – Special Mention Life Insurance dari Majalah Warta Ekonomi.
6. PT Sun Life Financial Indonesia meraih penghargaan HRD Employer of Choice sebagai Top Performer award dalam kategori Learning & Development.
7. PT Sun Life Financial Indonesia meraih penghargaan Best Financial Performance Life Insurance Company untuk kategori Asset between IDR6-10 trillion dalam Indonesia Insurance Consumer Choice Award 2017 dari Majalah Warta Ekonomi.
8. PT Sun Life Financial Indonesia menerima penghargaan Best e-Mark Award 2017 sebagai The 1st winner Category Life Insurance Company in Indonesia dari Majalah SWA.
9. PT Sun Life Financial Indonesia meraih penghargaan Special Mention sebagai The
Innovative CEO in Insurance Sector dalam Most Admired CEO 2017 dari Majalah Warta Ekonomi.
10. PT Sun Life Financial Indonesia meraih penghargaan The Most Popular Company – Category Life Insurance dari Majalah Warta Ekonomi.
11. PT Sun Life Financial Indonesia meraih penghargaan The Most Informative Insurance Company Campaign dari Majalah Warta Ekonomi.

Tentang Sun Life Financial

Sun Life Financial merupakan perusahaan penyedia layanan jasa keuangan internasional terkemuka yang menyediakan beragam produk asuransi, serta solusi pengelolaan kekayaan dan aset, baik untuk individu maupun korporasi. Sun Life Financial telah beroperasi di sejumlah pasar utama di seluruh dunia, yaitu Kanada, Amerika Serikat, Inggris, Irlandia, Hong Kong, Filipina, Jepang, Indonesia, India, Cina, Australia, Singapura, Vietnam, Malaysia, dan Bermuda. Per 30 Juni 2017, Sun Life Financial memiliki total aset kelolaan sebesar CDN 944 miliar. Untuk informasi
lebih lanjut, silakan kunjungi www.sunlife.com.

Sun Life Financial Inc. diperdagangkan di bursa saham Toronto (TSX), New York (NYSE), dan Filipina (PSE), dengan kode saham SLF.

4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *