Bincang Santai Pancasila di MPR

Masih dalam rangka menyambut Pekan Pancasila, tgl 5 Juni 2017 lalu  MPR mengadakan Bincang dengan Netizen di Ruang Delegasi MPR tepatnya di Gedung Nusantara 4, mengenai sosialisasi 4 Pilar.

Apakah 4 Pilar itu :

4 Pilar itu adalah  Pancasila, UUD45, NKRI & Bhineka Tunggal Ika.

Beruntung saya bisa hadir terpilih untuk diundang dalam kegiatan ini. Registrasi dibuka pada pukul 15:00, kita wajib mendaftarkan ulang mengisikan nama sesuai dengan KTP, karena di akhir acara kita akan mendapatkan sertifikat. Kita juga mendapatkan kaos yang harus dipakai saat mengikuti acara ini, sehingga tercipta keseragaman selama acara berlangsung.

Acara Bincang MPR dengan Netizen ini , merupakan yang ke 4 setelah sebelumnya juga  diadakan di Bogor dan Senayan City, dan banyak dihadiri oleh blogger mulai dari beauty blogger, food blogger dan masih banyak yang lainnya.

Acara  dipandu oleh MC Mira Sahid, Founder dari Kelompok Emak Emak Blogger yang membuat suasana selalu hangat. Saya sebelumnya mengira, bahwa bincang bincang mengenai 4 Pilar ini akan sangat berat materinya yang disampaikan, ternyata kenyatannya sangat menyenangkan, kita mendapatkan kesempatan untuk berbincang dengan Ketua MPR dan SekJen MPR 2017 dengan suasanya yang sangat kekeluargaan, disini kita bertukar pikiran mengenai memaknai Pancasila dalam kehidupan sehari hari.

 

Beruntung pada kali ini, Ketua MPR Bpk Zulkifli Hasan dapat hadir mengikuti Bincang dengan Netizen kali ini ditengah kepadatan aktivitasnya di hari tersebut , keriuhan terjadi pada saat Bpk Zulkifli Hasan memasuki ruangan, kenapa? karena sang  beliau  langsung menyapa dan menginstruksikan untuk berselfi sebelum bincang bincang dilakukan. Suasana semakin memanas dengan kehebohan para peserta yang mengantri foto dengan Bpk Zulkifli Hasan. Sekitar 15 menit, akhirnya acara dilanjutkan dengan bincang bincang mengenai Pancasila.

Bpk Zulkifli Hasan Ketua MPR RI memberikan pandangannya mengenai penyatuan kembali persatuan setelah Pilkada berlangsung beberapa bulan yang lalu ,”mari kita move on” ujarnya. Hal yang menarik untuk saya adalah, pesan Bpk Zulkifli Hasan, untuk cermat dalam memilih wakil rakyat, karena rakyatlah yang memilih   para anggota MPR dan DPR. Jadi jangan salahkan wakil rakyat jika memang jelek kinerjanya  dan  tidak berkompeten saat menerima amanah tersebut dari rakyat. Melayani rakyat dan melayani negara adalah tugas dari  pejabat publik, karena itu pilihlah wakil rakyat dengan benar.

“Pacasila adalah perilaku yang disinari cahaya Tuhan, PANCASILA memanusiakan manusia yang adil dan beradab” ujar Bpk Zulkifli Hasan.

Bpk Zulkifli Hasan juga berpesan agar kita gunakan media sosial untuk merangkul bukan memukul.

Pancasila itu adalah  gotong royong, kerjasama & kasih sayang. Mari kita saling menghormati, mencintai serta menghargai.

Ada 3 negara yang lahir dari cita cita  dan pengalaman, yaitu Amerika Serikat, Indonesia, dan Uni Soviet.

Indonesia adalah negara yang Bhineka Tunggal Ika meskipun berbeda beda agama, suku, adat dan budaya tapi tetap satu kesatuan. Negara Kesatuan Republik Indonesia itu merupakan kebinekaan karena kita memang berbeda beda.

Melayani rakyat dan melayani negara sesuai dengan UU itu adalah slh satu tugas dari MPR .

Saat ini karena politik, kita menjadi saling menyakiti. Seharusnya menurut Pancasila harusnya kita saling menyayangi.

Bapak Zulkifli Hasan berpesan kepada para pengguna media sosial agar dijadikan alat untuk memperluas persaudaraan, bukan menambah musuh, menyebarkan berita Hoax yang menimbulkan perpecahan, keributan, perbedaan pendapat hanya karena opini yang tersebar di media sosial.

“Gunakan media sosial untuk merangkul dan bukan memukul”, Ujar Bpk Zulkifli, beliau meminta para pesertayang hadir dalam bincang kali ini  untuk berpartisipasi dalam mengembalikan, menyebarkan nilai-nilai keIndonesiaan. serta mengenalkan Pancasila  kepada generasi millenial.

Bpk Zulkifli menilai saat ini, media sosial telah menjadi media alternatif sumber rujukan masyarakat, diharapkan setiap blogger selalu menyajikan kebenaran.

Pengamalan Pancasila, bisa dimulai dari lingkungan keluarga misalnya menayakan menu apa yang disukai anak yang berarti kita telah mengamalkan demokrasi, di lingkungan keluarga.

Acara dilanjutkan dengan Bincang bincang dengan Sekjen MPR 2017 Bpk Ma’ruf Cahyono, beliau juga disebut sebagai Bloggernya MPR, beliau berpesan karena saat ini media sosial banyak digunakan masyarakat Indonesia, saat kita menuliskan sesuatu di media sosial apapun, tulislah kata kata yang membuat  masyarakat menjadi merangkul satu sama lain bukan terpecah belah, dan harus memberikan pengetahuan bagi yang membaca.

Media sosial saat ini dianggap sesuatu yang bisa dijadikan media pemberi info yang benar, Pak Ma’ruf meminta agar kita harus selalu menyampaikan informasi yg sebenarenarnya. Karena saat ini banyaknya berita yang berpihak pada salah satu pihak, saling menyerang, yang membuat masyarakat resah.

Menulis itu adalah  bagaimana membuat orang paham, Bpk  Ma’ruf Cahyono berharap sluruh peserta yang hadir dapat ikut membantu tugas MPR dalam membumikan dan membunyikan Pancasila melalui bahasa yang mudah dicerna, memahami, sadar dan melakukan stimulasi agar Pancasila menjadi perilaku sehari-hari yang akan membangun pembentukan karakter bangsa.

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab kepada SekJen MPR Bpk Ma’ruf Cahyono, dan diakhiri dengan Buka Bersama dan Foto bersama pastinya.

 

Dok.www.kreasi-natara.com

Semoga lain kesempatan kamu juga bisa ikutan bergabung ya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *