BawaBerkah.Org Cara Mudah Berbagi Dengan Sesama

Ramadhan tinggal menghitung hari, bahkan sayapun merasa hawa nya sudah hawa puasa saat sore hari tiba. Harumnya es kelapa, es buah dan gorengan yang biasanya tersaji saat berbuka puasa tiba.

Semua umat muslim di seluruh dunia akan menyambut bulan suci penuh berkah. Tak ketinggalan, Lembaga Filantropi  pun atau yang salah satunya  dikenal dengan Dompet Dhuafa turut menyiapkan diri dalam menyambut Ramadhan. Program-program terbaik dipersiapkan untuk berbagi kebaikan bagi sesama.

Lembaga Filantropi yang kini menuju usia 25 tahunnya, yaitu Dompet Dhuafa, turut berbagi di Ramadhan kali ini. Semangat tersebut hadir melalui gerakan #25tahunmembentangkebaikan.

Semangat yang selalu ada dari para donatur menjadi gerakan yang tumbuh dari tahun ke tahun, dalam membangun kesejahteraan masyarakat miskin dan Dhuafa di seluruh Indonesia maupun belahan dunia.

Media dan Blogger pun ikut dilibatkan dengan kegiatan Gathering yang diadakan pada 8 Mei 2018 lalu, acara ini menghadirkan nara sumber dr. Reza Romadhoni, LKC Dompet Dhuafa, Ihsan Tarore, Urip Budiarto, GM Resources Mobilitation Dompet Dhuafa/Ketua Ramadhan Dompet Dhuafa 1439H.

Gathering ini sekaligus dilakukannya launching BawaBerkah.org sebagai sarana untuk berbagi cukup dengan melalui handphone. Dengan BawaBerkah.org, berbagi kini menjadi lebih mudah, charity event, bantuan pengobatan, wakaf, sedekah, pembangunan masjid, zakat dan yang lainnya.

Kita cukup melakukan pendaftaran menggunakan alamat email dan menyiapkan password untuk login, setelah itu kita bisa dengan bebas mengikuti campaign donasi mana yang ingin kita pilih saat itu.

Untuk proses donasinya sendiri, kita cukup melakukan transfer atau melalui internet banking melalui bank BCA, Mandiri, BNI, BRI da n ATM bersama. Setelah  transfer sukses dilakukan, kita akan menerima notifikasi melalui email, sms dan wa. Kita pun akan mempunyai catatan mengenai donasi apa saja yang telah kita laakukan selama ini.

Proses donasi melalui Bawaberkah.org menjadi lebih transparan, terpercaya, profesional dan menjangkau nasional. Jadi Ramadhan 1439 H ini kita bisa mulai melakukan pembayaran zakat melalui Bawaberkah.org .

Selain itu kami yang hadir diperkenalkan dengan berbagai produk pemberdayaan dari Dompet Dhuafa yang tersebar di seluruh Indonesia, misalnya aneka cemilan Jamur Crispy, Makaroni, kopi berlian SAE, ikan asin Kerisi dari Desa Piabung, Kepulauan Riau, jeruk lemon, pepaya Kalina, bawang goreng, Gula Semut, Tas, beras merah Berlian SAE, Kopi Kemloko, Kopi Kahaya dan masih banyak lagi.

Favorit saya selama ini adalah Kopi Robusta Berlian SAE ( dari Temanggung) dan Gula Semut (dari Pacitan). Kopinya sangat wangi saat diseduh, dan Gula Semutnya biasa saya gunakan untuk membuat campuran kopi, teh atau ditaburkan ke roti bakar. Produknya sebagian bisa dibeli di De Fresh Pasar Minggu, dan De Mart Parung , Bogor.

dr. Reza Romadhoni, LKC Dompet Dhuafa pun berpesan saat puasa nanti banyak banyaklah konsumsi air yang bermineral, agar tubuh  tidak kekurangan cairan dan waspadai penyakit maag dengan cara tidak langsung tidur setelah makan.

Pastinya tidak mudah bagi Dompet Dhuafa dalam mengarungi perjalanan selama 25 tahun, begitu banyak ujian yang harus dihadapi. Kekompakan semangat dan berkolaborasi bersama donatur untuk mengisi usia produktif lembaga, akan selalu dibutuhkan.

Menyambut 25 Tahun Dompet Dhuafa akan menghadirkan  tiga konsep yaitu Memberikan beragam pengalaman, Menyajikan rasa kepedulian serta menyalakan semangat kolaborasi.

“Menginjak usia yang ke 25 Tahun, pada Ramadhan kali ini, Dompet Dhuafa ingin memberikan informasi yang lebih luas pada masyarakat di segala situasi dan pekerjaan lembaga yang telah bergulir untuk masyarakat luas.

Dompet Dhuafa mengusung tema 25 Tahun Membentang Kebaikan, mengandung pesan terkait banyak hal yang menjadi pekerjaan sehari-hari Dompet Dhuafa. Adanya perubahan seiring intervensi bersama masyarakat yang berkolaborasi dengan Dompet Dhuafa, banyak perluasan aktivitas dan isu-isu baru tentang kemiskinan maupun kemanusiaan. Hal tersebut juga kami jadikan sebagai bukti semakin matangnya aspek manajemen kelembagaan,” ungkap Bambang Suherman, selaku Direktur Mobilizasi ZIS.

Ramadhan adalah momentum masyarakat Islam di seluruh penjuru Dunia untuk menggulirkan kebaikan melalui Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf (Ziswaf) dengan berbagai progam Ramadhan 1439 H diantaranya Sahabat Berbagi Harapan, Parsel Ramadhan, Dai Ambassador serta terdapat layanan donatur sebanyak 70 konter yang tersebar di seluruh wilayah Jabodetabek hal ini untuk medekatkan para muzakki.

Dompet Dhuafa Pada Tahun ini, mengukuhkan posisinya sebagai lembaga kemanusiaan di dunia, dengan melakukan respon-respon kemanusiaan. Seperti Isu tentang Rohingya, sampai hari ini Dompet Dhuafa masih konsisten mengelola dan terlibat dalam merespon tragedi kemanusiaan yang terjadi di Rohingya.

Dompet Dhuafa juga sedang merenspon kejadian  di Suriah dan sekitarnya. Dompet Dhuafa mengirimkan tim bersama dengan media untuk sama-sama mereview dinamika yang sudah digulirkan Dompet Dhuafa di lapangan, sekaligus melihat kondisi terkini di wilayah-wilayah konflik, baik di jantung kota konflik, ibukota negara maupun di pengungsian yang mana masyarakat meninggalkan tempat tinggal dan rutinitasnya.

Untuk kasus Palestina dan Somalia , Dompet Dhuafa membangun jaringan permanen untuk memberikan bantuan, baik bersifat darurat maupun pemulihan.

25 Tahun Membentang Kebaikan sebagai fokus utama pada kemiskinan yang terjadi di negeri. Ada banyak yang sudah dilakukan dalam proyeksi untuk menangani kemiskinan baik pelayanan, pengembangan, maupun pemberdayaan masyarakat miskin, dan Alhamdulillah sudah banyak yang berubah menjadi jauh lebih mandiri maupun mengelola dinamikan kehidupan mereka,” pungkas Bambang Suherman.

TENTANG DOMPET DHUAFA

Dompet Dhuafa adalah lembaga nirlaba milik masyarakat indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana ZISWAF (Zakat, Infak, Sedekah, Wakaf), serta dana lainnya yang halal dan legal, dari perorangan, kelompok, perusahaan/lembaga). Selama 25 tahun, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan ummat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.

Facebook : bawaberkah.org

Twitter : bawaberkahorg

Instagram : bawaberkahorg

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *