Siapkan Sarapan Dengan 6 J

Sejak kecil pasti kita selalu diingatkan oleh Bunda untuk selalu sarapan. Sarapan itu adalah makan pagi sebelum melakukan aktivitas setiap harinya.

Sarapan itu  adalah kegiatan makan dan minum  yang sehat, bergizi, dan aman, dan dilakukan sebelum jam 9 pagi.

Kemarin saat mengikuti Car Free Day, 4 Maret 2018 lalu saya berkesempatan mengikuti kegiatan AYO BANGUN INDONESIA MELALUI SARAPAN SEHAT yang diadakan oleh Nestle yang diadakan di Gedung Sarinah Thamrin.

Kemarin pagi Gedung Sarinah Thamrin penuh dengan booth-booth dari Nestle yang tentunya menawarkan banyak kegiatan , promosi dan hadiah bagi pengunjung yang hadir.

Pengunjung bisa juga membeli Box Sarapan dengan harga Rp 20.000 dengan pilihan Paket A = Sandwich, Paket B= Sereal dan Paket C= Nasi Goreng. Dengan membeli paket tersebut, kita akan mendapatkan paspor untuk mengikuti games yang ada di sana. Booth yang hadir diantaranya MILO,  Nestle Cereal, Nescafe, Dancow, Cerelac.

Acara ini merupakan perayaan Pekan Raya Sarapan Nasional (PESAN) 2018 yang diperingati setiap 14-20 Februari. Kampanye Ayo Bangun Indonesia pertama kali diadakan di tahun 2017, hal ini merupakan komitmen Nestle untuk terus mendukung masyarakat Indonesia menerapkan kebiasaan sarapan sehat dan gizi seimbang serta gaya hidup aktif dalam rangka mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat, cerdas dan produktif. Sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia dan berkontribusi untuk masa depan yang leboh sehat.

Peluncuran Buku Mitos dan Fakta Sarapan juga dilakukan dalam acara ini, yang juga menghadirkan Ahli Nutrisi dan ketua PERGIZI PANGAN Indonesia Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, Meisya Siregar  dalam sesi bincang-bincang Ayo Bangun Indonesia 2018.

Prof. Dr. Ir. Hardinsyah menjelaskan bahwa masih banyak penduduk Indonesia yang terbiasa dengan sarapan, dan belum memperhatikan kualitas sarapan yang dikonsumsi. Sarapan seharusnya memenuhi gizi seimbang dan memiliki kandungan energi, protein, vitamin dan mineral.

Manfaat sarapan :

  1. Meningkatkan konsentrasi dan kecerdasan anak
  2. Menanamkan kebiasaan disiplin
  3. Mempertahankan status gizi normal
  4. Menurunkan resiko penyakit tidak menular seperti diabetes, jantung koroner dan stroke.
  5. Mengisi cadangan energi selama proses belajar
  6. Meningkatkan fungsi kognitif
  7. Meningkatkan daya tahan terhadap stress

Dampak melewatkan sarapan :

  1. Tubuh cepat lelah,lesu
  2. Pusing
  3. Tidak berenergi,lemah
  4. Susah konsentrasi dan berfikir akibatnya penurunan prestasi dan daya ingat
  5. Meningkatkan resiko naiknya berat badan

Sarapan sangat penting untuk mendukung pertumbuhan anak  dan memenuhi kebutuha zat gizi  di pagi hari, karena lambung kosong  8 jam sejak makan malam. Sarapan akan memberikan zat gizi yang baik bagi tubuh untuk siap memulai  aktivitas pagi hingga siang. Sarapan bisa mencerdaskan kecerdasan dan daya ingat.

Yang Harus diperhatikan dalam sarapan :

  1. Jumlahnya  memenuhi  1/3 atau 1/4 dari jumlah kebutuhan gizi harian
  2. Jenis makanan dan minuman : lengkap mulai dari karbohidrat, protein (lauk pauk), sayur, buah, minuman seperti air putih,susu, kopi, teh atau jus.
  3. adwal sarapan, yaitu 2 jam setelah bangun tidur, dan sebaiknya sebelum jam 9 pagi
  4. Jurus mengolah : pengolahan praktis, aman, hemat waktu agar kandungan gizi tidak hilang,dan enak.
  5. Jurus menyiapkan : penyajian sarapan yang menarik dan bervariasi  agar tidak bosan dan menggugah selera anggota keluarga dan menyiapkannya bersama-sama.
  6. Jurus mengkonsumsi :  jangan makan sambil melakukan aktivitas lain seperti  jalan, lari-lari, tergesa-gesa dan sebaiknya dilakukan bersama-sama di meja makan.

Sarapan dapat  melatih kedisiplinan di rumah tangga, melatih  bangun pagi, menyiapkan bersama, membangun emosi dan komunikasi antar anggota keluarga.

Kampanye  Ayo Bangun Indonesia juga menghadirkan berbagai edukasi sarapan yang bisa dilihat di www. sahabatnestle.co.id seperti attikel, tips, resep sarapan dan live chat dengan ahlinya.

Mba Eka Herdiana, Market Nutritionist Nestle Indonesia juga menceritakan mengenai arti dari breakfast box (Healty Portion Plate)  yang saya tukarkan tadi pagi  yang bertujuan membantu Bunda di rumah dalam mempersiapkan sarapan sehat dengan gizi seimbang.

Dok @rahayupawitri
Dok : industri.co.id

Buku Mitos dan Fakta Sarapan kemarin resmi diluncurkan, dan akan bisa di download gratis di website Sahabat nestle mulai minggu depan. Buku ini disusun oleh PERGIZI PANGAN Indonesia dengan Nestle Indonesia, yang mengupas mengenai waktu tepat sarapan, menu rekomendasi untuk sarapan hingga hubungan antara sarapan dengan berat badan.

Jadi mulai besok jangan lupa sarapan ya agar kita sehat, kuat , dan semangat.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *