Asian Games 2018, Indonesia Juara

Asian Games 2018 tak terasa 1.5  bulan lagi akan dilaksanakan di Jakarta dan Palembang, namu euforianya sudah terasa sejak saat ini mulai dari merchandise, banner, dan masih banyak lagi yang semuanya itu merupakan apreasiasi dan dukungan dari masyarakat Indonesia kepada para atlet yang akan berjuang di Asian Games 2018 mulai 18 Agustus 2018 – 2 September 2018 di Jakarta & Palembang.

Dok : Ria Buchari, Lokasi Monas

SEJARAH

Sebelum kita  ikut serta dalam kemeriahaan Asian Games 2018 nanti, kita belajar sedikit sejarahnya yuk.

Asian Games merupakan pertandingan multi olahraga terbesar setelah Olimpiade dan Asian Games diadakan setiap 4 tahun sekali. Inisiasi Asean Games terjadi pada tanggal 8 Agustus 1948 dimana anggota Asian Nation Olympic Committees bertemu untuk menginisiasi Asian Games Federation. Yang kemudian berlangsung pertemuan di Patiala House, New Delhi, India. Dalam pertemuan itu Yadavindra Singh dan Guru Dutt Sondhi terpilih menjadi Presiden pertama dan Sekretaris Asian Games Federation (AGF).

Asian Games pertama kali diadakan pada tanggal 4-11 Maret 1951 di New Delhi, India. Asian Games pertama ini secara resmi dibuka oleh Presiden Rajendra Prasa di Stadion Nasional Dhyan Chand dan diikuti oleh 11 negara Komite Olimpiade Nasional (NOC) dengan memperebutkan 169 medali emas. Terdapat 491 yang bertanding dalam enam cabang olahraga.

Asian Games pertama kali diadakan di India tahun 1951. Stadion yang pertama kali digunakan bernama Dhyan Chand National Stadium yang diambil dari nama pemain hoki lapangan legendarisnya India. Stadion Dhyan Chand dibangun pada tahun 1933, berkapasitas 16.200 orang dan menjadi stadion yang sangat bersejarah bagi awal mula diadakannya Asian Games.

Ternyata, Indonesia pertama kali menjadi tuan rumah Asian Games di tahun 1962 yang berlangsung di Jakarta 24 Agustus – 4 September 1962.

Asian Games 1962 diikuti oleh 17 negara, 1.460 atlet dan 15 cabang olahraga yang dipertandingkan.

 

Banyak atlet Indonesia yang berprestasi selama Asian Games hingga kini menjadi legenda, seperti Liem Swie King, Atlet Badminton, Minarni Soedaryanto, Atlet Badminton, Mohamad Sarengat, Atletik, Hendrik Brocks, Atlet Sepeda, Lita Liem Soegiarto .

Pada Asian Games tahun 1962 Indonesia berada di posisi runner up, dan meraih 77 medali dari 372 medali yang diperebutkan (medali 21 emas, 26 perak dan 30 perunggu).

MASKOT

Asian Games 2018 memiliki maskot yang sangat lucu-lucu, yaitu :

BHIN BHIN

Dok: asiangames2018.id

Bhin Bhin adalah seekor burung Cendrawasih (Paradisaea Apoda) yang menggambarkan strategi. Bhin Bhin memakai rompi dengan motif Asmat dari Papua.

ATUNG

Dok: asiangames2018.id

Atung adalah seekor rusa Bawean (Hyelaphus Kuhlii) yang merepresentasikan kecepatan. Atung memakai  sarung dengan motif tumpal dari Jakarta.

KAKA

Dok: asiangames2018.id

Kaka adalah seekor badak bercula satu (Rhinoceros Sondaicus) yang merepresentasikan kekuatan. Kaka memakai  pakaian tradisional dengan motif bunga khas Palembang.

CABANG OLAH RAGA DI ASIAN GAMES 2018

40 cabang olah raga akan dipertandingkan.Perkiraan sementara akan ada 16 cabang olahraga yang memiliki potensi untuk menyumbangkan medali emas di Asian Games 2018.

Beberapa cabang-cabang olahraga andalan Indonesia  di Asian Games 2018 antara lain bulu tangkis, bela diri, dayung, dan panjat tebing.

CABANG OLAHRAGA

Akuatik

Anggar

Angkat Besi

Atletik

Balap Sepeda

Basket

Berkuda

Berlayar

Bisbol Dan Sofbol

Bola Tangan

Bola Voli

Bowling

Bridge

Bulutangkis

Dayung

Golf

Gulat

Hoki

Jet Ski

Judo

Kabaddi

Kano/Kayak

Karate

Martial Arts

Menembak

Modern Pentathlon

Panahan

Panjat Tebing

Paragliding

Roller Sport

Rugby – 7

Senam

Sepak Bola

Sepak Takraw

Squash

Taekwondo

Tenis

Tenis Meja

Tinju

Triathlon

LOKASI

Asian Games ke – 18 di Jakarta yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), untuk pertandingan panahan, hoki, tenis, softball, baseball, dan basket.

Acara seremonial opening serta closing Asian Games 2018 juga akan dilakukan di SUGBK. Sementara di Palembang, akan menandingkan 10 cabang olahraga, yaitu basket, dayung, kano, menembak, panjat tebing, sepakbola wanita, sepak takraw, tenis, triiathlon, dan voli pantai.

Di Palembang Asian Games 2018 akan diadakan di 11 tempat di kompleks Jakabaring Sport City. Dan selama Asian Games 2018 , para atlet Asian Games 2018 akan menginap di Wisma Atlet.

CABANG OLAH RAGA FAVORIT

Kemarin 30 Juni 2018, diadakan  Konser 50 Hari Asian Games 2018, di TVRI yang memperkenalkan atlet Indonesia, diantaranya Lidia Anna Krey, Atlet softball Puteri asal Papua, Diananda Choirunisa, Atlet panahan dan Eko Yuli Irawan  Atlet Angkat Besi (lifter andalan Indonesia peraih medali perak Olimpiade Rio de Janeiro 2016).

Saya pribadi sangat mendukung penuh “Diananda Choirunisa yang menjadi  atlet  di cabang panahan, nomor recurve untuk Asian Games 2018.

Diananda Choirunisa

Dok. Instagram @dianandach via sport.detik.com

Diananda, Atlet Panahan asal Surabaya yang pernah meraih medali emas SEA Games 2017 Kuala Lumpur dan meraih perunggu dari Kejuaraan Dunia. Asian Games 2018 ini Diananda yang akan turun di recurve perorangan, campuran, dan beregu. (sumber sport.detik.com).

Dalam Asian Games 2018, akan  terdapat 4,066 medali yang diperebutkan dari 463 pertandingan.

Konser 50 Hari Menuju Asian Games kemarin dilakukan perkenalan medali, performa musisi hingga jumpa atlet nasional atau bisa dibilang menjadi kickoff bersiapnya Indonesia menyambut Asian Games 2018 ungkap  Direktur Utama TVRI Helmy Yahya.

NEGARA YANG AKAN BERTANDING

 

AFG

Afghanistan

BAN

Bangladesh

BHU

Bhutan

BRN

Bahrain

BRU

Brunei Darussalam

CAM

Cambodia

CHN

China

HKG

Hong Kong, China

IAA

INDEPENDENT ASIAN ATHLETE

INA

Indonesia

IND

India

IRI

IR Iran

IRQ

Iraq

JOR

Jordan

JPN

Japan

KAZ

Kazakhstan

KGZ

Kyrgyzstan

KOR

Korea

KSA

Kingdom of Saudi Arabia

LAO

Lao PDR

LBN

Lebanon

MAC

Macau, China

MAS

Malaysia

MDV

Maldives

MGL

Mongolia

MYA

Myanmar

NEP

Nepal

OMA

Oman

PAK

Pakistan

PHI

Philippines

PLE

Palestine

PRK

DPR Korea

QAT

Qatar

SGP

Singapore

SRI

Sri Lanka

SYR

Syiria

THA

Thailand

TJK

Tajikistan

TKM

Turkmenistan

TLS

Timor Leste

TPE

Chinese Taipei

UAE

United Arab Emirates

UZB

Uzbekistan

VIE

Vietnam

YEM

Yemen

OFFICIAL SONG

Official Theme Song Asian Games 2018 dinyanyikan oleh Via Vallen, penyanyi yang dikenal dengan lagu Sayang, yang kali ini menyanyikan lagu Meraih Bintang. Lagunya, lirik dan musiknya sangat bisa memberikan semangat dan perjuangan atlet dalam ajang Asian Games 2018.
Asian Games 2018 yang diadakan kembali di Indonesia, semoga bisa memicu semangat altlet Indonesia untuk  menunjukkan kemampuannya.

Jangan lupa terus mendukung Asian Games 2018

 

 

IG: @asiangames2018

Ref : asiangames2018.id/about

About adminboghai

Penulis di www.boghaisan.com. Hobi mencoba tempat jajan baru dan enak, traveling, cat lover, sesekali menyanyi di smule @uci_26. Email : boghaisan@gmail.com

View all posts by adminboghai →

21 Comments on “Asian Games 2018, Indonesia Juara”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *