All New Ertiga, MPV Alternatif Pilihan Keluarga

Memilih kendaraan itu untuk saya seperti memilih pasangan hidup, semuanya harus pas dan mengerti keinginan hati ini. Memiliki mobil impian keluarga, pastinya semua orang ingin dapat mewujudkannya,  banyaknya iklan dari beberapa brand ternama di dunia otomotif roda empat pastinya membuat kita bingung sebagai calon konsumen, untuk memilih manakah yang terbaik?.

All New Ertiga dari PT. Suzuki Indomobil Sales, adalah pilihan tepat yang semoga akan bisa saya miliki, bagaimana tidak MPV ini membuat saya jatuh cinta pada pandangan pertama. Dengan 7 pilihan warna yang ditawarkan Magma Grey, Glorius Brown, Pearl Burgundy Red, Pearl Radiant Red,  Prime Cool Black, Met Silky Silver, Snow White Pearl membuat saya bingung menentukan pilihan warnanya.

Dok : @nunuhalimi

All New Ertiga memiliki konsep  Progressive, Family dan Premium yang terwujud dalam All New Ertiga dengan tipe GL dan GX, yang merupakan alternatif  pilihan MPV tepat pilihan keluarga yang modern, ingin selalu maju, uptodate dan fungsional sehingga akan semakin membanggakan saat kita memakainya.

All New Ertiga ingin mengangkat konsep “Togetherness” kebersamaan keluarga, teman dan semua orang , hal ini dibuktikan dengan kabin All New Ertiga yang lebih luas sehingga bisa memuat hingga kapasitas 6 orang dengan tetap nyaman, tanpa membuat kedua kaki penumpang harus tertekuk.

All New Ertiga design interior dan eksteriornya lebih modern, chassis dan mesin baru, tapi bahan bakarnya irit, dan dilengkapi dengan berbagai fitur modern.

14 Mei 2018 lalu, saya dan teman-teman Blogger lainnya berkesempatan untuk melakukan Test Drive. Pertama kali melihat mobilnya, saya  terpesona dengan tampilannya, saat masuk sayapun merasakan kenyamanan duduk karena memiliki busa jok  yang tebal dan posisi kaki yang nyaman karena kabinnya sangat luas.

Test drive ini telah membuktikan kestabilan karena All New Ertiga memiliki teknologi  yang sangat penting  yaitu ESP (Electronic Stability Program), yang membantu menjaga kendaraan tetap terkontrol saat berada di jalan, dilengkapi juga degan sistem rem ABS (Anti-lock Brake System)  saat kita tiba-tiba harus memutar stir saat berbelok tajam namun kendaraan kita masih jalan lurus ke depan.

All New Ertiga menghadirkan berbagai fitur keselamatan diantaranya :

  • ABS (Antilock Braking System)
  • EBD (Elecronic BrakeForce Distribution)
  • ESP (Electronic Stability Program)
  • Hill Hold Control
  • Tect Body
  • Platform Heartect
  • Immobilizer
  • Dual SRS Airbag
  • Isofix & Tether

All New Ertiga hadir dengan pilihan transmisi manual atau matic jadi saya tidak perlu khawatir lagi mengendarainya saat mengalami kemacetan.

Saya pun jatuh cinta pada interior yang ditawarkan All New Ertiga ini karena fitur-fitur yang ditawarkan :

Eksterior yang mewah dengan grill horizontal dengan chrom, lampu utama yang memanjang dengan teknologi proyektor, untuk tipe GX terdapat fog lamp, design  bumper depannya sangat elegant, design kap mesin yang berlekuk membuat All New Ertiga berkarakter kokoh dan tegas.

Fog Lamp

Lampu belakang designnya terlihat seperti huruf L, dengan kombinasi lampu led pada dan garis lampu, list crom belakang juga membuat All New Ertiga semakin terlihat mewah.

Bagasinya juga luas, apalagi jika kita melipat kursi baris ke 3, sangat cocok untuk saat kita melakukan perjalanan dengan membawa banyak barang.

 

Kabin baris kedua sangat lapang  dan senderan kursinya bisa dimundurkan
sehingga kita bisa berada di posisi rebahan yang paling santai , tenang saja di baris kedua tersedia juga power outlet untuk charge gadget.

Power Charger

AC Double Blower pastinya akan menambah nyaman selama perjalanan, interiornya pun sangat mewah  design dasboard, panel kayu, layar sentuh 6.8 inch, setirnya kombinasi panel kayu dan bahan kulit, ada tombol pengaturan  bluetooth dan handsfree di bawah stir, port usb dan kable aux di kanan, dan charge 12 V di kiri.

Tombol Start

Ventilated Cup Holder

Jok kombinasi warna gelap, lapisan busa yang tebal, dan stir yang bisa diatur posisinya. Kita pun tak akan repot membawa kunci, cukup tekan tombol Push Start Button, keyless yang memuat saya tidak perlu memegang kunci mobil seperti biasanya,  Ventilated Cup Holder yang membuat kami sekeluarga bisa menikmati minuman dingin saat dalam perjalanan, Power Outlet dan AUX untuk tetap bisa charge gadget, Audio Switch Control, Bluetooth Phone Connection, Tilt Steering yang membuat kita bisa merubah posisi stir, Layar Touchscreen 6.8″ yang mewah dengan tampilan hitam , High Seat Adjuster yang bisa mengatur posisi badan saat akan mengemudi sehingga kita akan tetap nyaman di perjalaan, di jok nya pun di bagian kanan kirinya terdapat bantalan di posisi pinggang ke atas sehingga akan bisa menahan badan saat tiba-tiba kita harus melakukan rem yang mendadak, ada juga Reclining Seat 3rd Row dimana kita bisa mengatur posisi senderan kita sampai dengan posisi yang nyaman sekali. Saat test drive, respon gas terasa sangat halus saat jalan, lebih stabil, stir sangat enteng.

Layar Touchscreen 6.8
Speaker

All New Ertiga selain menawarkan design yang premium, juga lebih panjang, lebih lebar, lebih tinggi dan yang pastinya lebih nyaman dibandingkan dengan Ertiga sebelumnya, ungkap Yulius Purwanto, Product Development & Accessories Head PT. Suzuki  Indomobil Sales (SIS) di Blogger Gathering yang diadakan di Darmaga Makasar The Breeze.

Aris Avenda, Editor Otomotif Kompas.com menjadi moderator pada Blogger Gathering dengan All New Ertiga kali ini.  Hadir pula Harold Donnel (Head of Brand Development Marketing Research, PT. Suzuki Indomobil Sales) yang menjelaskan mengenai konsep MPV. MPV bisa diartikan sebagai Multi Purpose Vehicle atau kendaraan yang multiguna.

Tahun 1975 MPV mulai dikenal masyarakat Indonesia sampai akhirnya semakin berkembang dan terkenal di tahun 1990. MPV berkembang karena kita membutuhkan mobil yang bisa mengangkut penumpang dan barang sekaligus. MPV pun banyak jenisnya Mini-MPV, MPV sehingga Big-MPV.

Menurut data GAIKINDO MPV adalah jenis mobil yang paling laris dan banyak beredar di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan data penjualan MPV  sejak tahun 2010 hingga 2016 penjualannya semakin meningkat.

Kompas.com mengungkapkan salah satu alasan MPV begitu diminati di Indonesia, adalah karena kita akan sangat senang jika bisa jalan-jalan dengan seluruh anggota keluarga saat liburan.

Panjangnya 4.395 mm, lebar 1.735 mm, tinggi 1.690 mm dengan wheel base 2.740 mm, dengan radius putar 5.2 m, dan ground clearance 180 mm. Mesinnya sendiri menggunakan K15B, Gasoline, 1462 cc, 4-inline, VVT, DOHC, dengan sistem penggerak roda depan, 104.7/6000 untuk power (PS/rpm), dan torsi 138/4400 (Nm/rpm).

Lampu Halogen depan, grille depan yang kekar, lampu kabut di bagian depan, di bagian samping terdapat lampu pada spion, chrome handle pintu yang elegan dan ban dengan ukuran 185/65 R15 , sedangkan di bagian belakang lampu jauh dan wiper, lampu belakang led dengan guide line dan bumper belakang yang sporty yang dilengkapi dengan sensor.

185/65 R15

All New Ertiga saat ini sudah mulai dipasarkan mulai harga Rp 193.000.000

Harga on the road Jabodetabek 2018

Group Model Sales Model Harga on the Road
All New Ertiga GA – MT Rp 193.000.000
All New Ertiga GL – MT Rp 211.500.000
All New Ertiga GL – AT Rp 222.000.000
All New Ertiga GX – MT Rp 223.000.000
All New Ertiga GX – AT Rp 233.500.000
All New Ertiga GX – MT ESP Rp 228.000.000
All New Ertiga GX – AT ESP Rp 238.500.000

Dok : www.suzuki.co.id/automobile/all-new-ertiga

 

7 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *